Industri Otomotif

Mitsubishi Pertimbangkan Bangun Pusat Riset di Indonesia

Ekawan Raharja    •    Jumat, 06 Oct 2017 11:52 WIB
mitsubishi
Mitsubishi Pertimbangkan Bangun Pusat Riset di Indonesia
Pabrik Mitsubishi di Indonesia belum dilengkapi dengan pusat RnD. Mitsubishi

Metrotvnews.com, Cikarang: Mitsubishi baru saja meresmikan pabrik terbaru di Indonesia pada semester I 2017. Hanya saja fasilitas produksi bernilai Rp7,5 Triliun tersebut belum dilengkapi dengan fasilitas research and development (RnD).

Chief Operating Officer Mitsubishi Motors, Trevor Mann, mengakui bahwa saat ini Mitsubishi belum memiliki rencana untuk membangun pusat RnD di Indonesia. Tetapi mereka saat ini sedang mempertumbangkan hal tersebut mengingat sudah ada pabriknya di Indonesia.

"Saat ini belum ada rencana untuk membangun RnD di Indonesia, tetapi Mitsubishi akan mempertimbangkan karena sudah mulai memproduksi dan ekspor mobil," ujar Trevor Mann di pabrik Mitsubishi Cikarang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Trevor menjelaskan fasilitas RnD penting agar bisa mengambil keputusan yang penting terkait pasar lokal. Sehingga pasar lokal bisa mendapatkan produk yang sesuai dan dibutuhkan.

"Jadi ini merupakan hal yang penting, khususnya untuk membangun pusat RnD di Indonesia," lanjut Trevor.

Saat ini pabrik Mitsubishi di Indonesia di bangun di atas lahan seluas 30 hektar, dan mempekerjakan lebih dari 12 ribu orang pekerja dan pemasok. Pabrik yang dibuka oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo, ini dapat memproduksi maksimal 160 ribu unit mobil per tahun.

Saat ini tercatat hanya Daihatsu yang membangun pusat RnD di Indonesia. Sisanya masih mengandalkan Pusat RnD di Thailand dan beberapa negara lainnya.


(UDA)