Industri Otomotif

Riset Mobil dan Energi Terbarukan, VW Investasi Rp162 Triliun,

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 20 Nov 2017 14:44 WIB
industri otomotif
Riset Mobil dan Energi Terbarukan, VW Investasi Rp162 Triliun,
Volkswagen akan beralih menggunakan platform baru pada kendaraanya. Carcoops

Metrotvnews.com: Volkswagen bakal menginvestasikan dana lebih dari USD12 miliar atau sekitar Rp162 triliun di Tiongkok. Investasi ini bagian dari rencana kerja sama untuk mengembangkan kendaraan serta energi terbarukan.

Berbicara kepada Carscoops, Bos Volkswagen Tiongkok, Jochem Heizmann mengungkapkan, bahwa pada 2025 investasi tersebut akan menghasilkan 40 kendaraan produksi lokal, dari hasil kerjasama dengan perusahaan patungan lokal Jianghuai Automobile Group (JAC Motor).

Kedepannya Volkswagen bermaksud memperkenalkan 15 model baru berdasarkan platform MQB-nya. Untuk selanjutnya pabrikan mobil Jerman itu akan beralih menggunakan platform baru untuk kendaraanya.

Rencana ambisius Volkwagen ini tak berselang lama setelah pemerintah Tiongkok mengeluarkan kebijakan cap-and-trade-nya. Peraturan baru iitu akan mewajibkan produsen otomotif mengurangi emisi gas buang kendaraan.

Pemerintah Tiongkok menargetkan pengembangan kendaraan tanpa emisi dan rendah emisi hingga 10 persen pada 2019, dan meningkat menjadi 12 persen pada 2020.

Menurut Heizmann, investasi yang dilakukan akan memungkinkan Volkswagen memenuhi persyaratan ini. Namun, ia mengaku akan sulit mencapai tingkat konsumsi bahan bakar rata-rata kendaraan, yang mencapai lima liter per 100 km di Tiongkok pada 2020.


(UDA)