Industri Otomotif

Nissan Target Jual Satu Juta Mobil Listrik di 2022

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 27 Mar 2018 06:53 WIB
nissan
Nissan Target Jual Satu Juta Mobil Listrik di 2022
Nissan bakal genjot penjualan mobil listrik. Dok. Medcom

Yokohama: Perkembangan mobil listrik semakin marak seiring ketatnya peraturan regulasi emisi dan isu pemanasan global. Nissan yang punya sejumlah produk mobil listrik pun menatap optimis untuk bisa bersaing di pasar otomotif dunia.

Pabrikan berbasis di Yokohama, Jepang ini, menargetkan penjualan 2022 mencapai satu juta unit. Naik tiga kali lipat dari pencapaian mereka dari awal 2018 yang berada di angka 300 ribu, secara global.

Nissan mengatakan siap menghadirkan hingga delapan model baru dalam kurun waktu lima tahun, termasuk empat untuk pasar Tiongkok, seperti dituliskan Reuters. Sementara Infiniti akan hadirkan mobil listriknya tahun 2021.

"Inti dari strategi kami, era mobil listrik adalah baterai dan teknologi e-Power," kata philippe Klein, Nissan Chief Planning Office kepada awak media. Baterai memang jadi komponen utama dan mahal dari sebuah mobil listrik.

Nissan memulai produksi mobil listrik pertamanya tahun 2010, dengan menghadirkan Nissan Leaf. Hatchback ini pun menjadi mobil listrik terlaris dan terjual 300 ribu unit hingga kini.

Nissan bersama aliansinya, Renault dan Mitsubishi, merencanakan 17 model baru mobil listrik sebagai bagian dari tercapainya target 2022 dengan menjual 14 juta mobil secara global. Tahun lalu aliansi ini sukses melepas 10,6 juta mobil.


(UDA)