Pameran otomotif

Gaikindo Genjot Penjualan Mobil di Surabaya

Ekawan Raharja    •    Jumat, 15 Sep 2017 14:04 WIB
pameran otomotif
Gaikindo Genjot Penjualan Mobil di Surabaya
GIIAS Surabaya akan kembali digelar pada 20-24 September 2017. Seven Events

Metrotvnews.com, Surabaya: Jawa Timur merupakan salah satu pasar otomotif yang cukup cerah. Bahkan pasar otomotif di ujung timur pulau Jawa ini tumbuh di atas pertumbuhan pasar otomotif nasional.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan kendaraan bermotor periode Januari-Juli 2017 mencapai 533.570 unit. Angka tersebut lebih tinggi 0,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Begitu pula dengan penjualan mobil di Jawa Timur yang mengalami sedikit peningkatan. Tercatat Jawa Timur menyumbang  64 ribu unit pada semester pertama 2017, tumbuh 2,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. 

Gaikindo optimis akan terjadi peningkatan penjualan pada semester II. Hal ini ditandai dengan turunnya anggaran pemerintah untuk proyek-proyek infrastruktur, sehingga ekonomi akan bergerak.

Kami berharap pameran ini dapat mendongkrak pertumbuhan industri di Jawa Timur, khususnya Surabaya,” terang Sekretaris Jenderal Gaikindo, Kukuh Kumara, melalui keterangan resminya.

Kukuh juga menjelaskan, pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor sampai saat ini konsentrasinya masih di Jawa. Namun yang menarik adalah adanya tren penjualan domestik kendaraan bermotor telah bergeser ke provinsi-provinsi berkembang, tidak lagi terkonsentrasi di DKI Jakarta. Salah satu penyebabnya adalah pembatasan kendaraan bermotor baik roda empat dan roda dua di jalan-jalan protokol di Jakarta.

Melihat itu, lembaga tertinggi industri otomotif nasional itu berusaha terus untuk menggenjot penjualan di Jawa Timur. Salah satu cara yang dilakukan adalah menggelar pameran GIIAS Surabaya 2017.

GIIAS Surabaya 2017 akan digelar pada 20-24 September 2017 di Grand City Convex Surabaya. Acara ini masih terkait dengan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan, Banten dan GIIAS Makassar.

“Rangkaian GIIAS dibuka di Makassar pada Mei yang lalu, dilanjutkan di ICE BSD Tangerang, dan kini kami akan kembali membawa GIIAS ke Surabaya," terang Kukuh.

Pameran otomotif ini akan dihadiri oleh 20 merek kendaraan dan dimeriahkan oleh berbagai kegiatan seperti GIIAS camping ground, ladies night, classic night, modification sport, konvoi all communites, dan berbagai kegiatan lainnya.

"Dengan konsep baru First Class Auto Show, kami berharap pameran ini memberikan pengalaman terbaik bagi pecinta otomotif di Surabaya. Sejumlah merek unggulan yang turut meramaikan pameran kali ini juga cukup antusias. Agen pemegang merek (APM) dari kategori passenger cars dan commercial cars berjanji memberikan yang terbaik untuk konsumen di Jawa Timur," ujar Direktur One Event Organizer dari rangkaian GIIAS 2017, Yusuf Karim Ungsi.


(UDA)