Teknologi Otomotif

Mengenal Fungsi Fitur Traction Control di Mobil

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 29 Jun 2017 16:48 WIB
teknologi otomotif
Mengenal Fungsi Fitur <i>Traction Control</i> di Mobil
Mengoptimalkan fungsi traction control pada mobil. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com: Mobil-mobil keluaran terbaru sebagian telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan lebih tinggi. Yaitu seperti traction control yang punya kelebihan untuk mencegah terjadinya selip di roda ketika sedang berakselerasi.  

Tapi tidak sedikit pemilik mobil yang sudah dilengkapi dengan fitur ini kurang memahami fungsinya. Menurut instruktur Safety Institute Indonesia, Dhany Ekasaputra, sebagai sistem keamanan cara kerja traction control berlawanan dengan anti-lock braking system (ABS) yang fungsinya mencegah roda berhenti, seperti yang ada di Toyota Sienta.

Ia menyebutkan, bahwa traction control bekerja ketika sensor mendeteksi salah satu roda atau lebih ada yang berputar lebih cepat. Maka sistem ini akan segera memerintahkan rem untuk menyesuaikan putaran roda tersebut agar sama seperti roda yang lainnya.

Dhany mencontohkan, mobil yang salah satu rodanya terperosok ke dalam tanah dan tidak dapat berjalan karena licin. Bagi mobil yang sudah dilengkapi traction control, fitur ini sangat membantu.

Karena fitur ini akan menahan roda yang berputar berlebih (tidak terperosok) melalui rem, dan tenaga dari mesin akan kembali tersalurkan secara merata dan seimbang ke kedua bagian roda belakang.

"Traction control juga sebagai sistem pengereman langsung ke masing-masing roda, rem roda depan akan mencegah oversteer dan rem roda belakang mencegah understeer. Selain itu sistem ini juga mengurangi tenaga mesin sampai mobilnya terkontrol kembali."


(UDA)