Mobil Klasik

Peugeot L45 Grand Prix Ikonik Ini, Lebih Mahal dari Supercar Baru

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 20 Nov 2017 10:20 WIB
mobil klasik
Peugeot L45 Grand Prix Ikonik Ini, Lebih Mahal dari Supercar Baru
Peugeot L45 Grand Prix Two-Seater keluaran 1914. Carscoops

Metrotvnews.com: Tua-tua keladi, semakin tua semakin jadi. Itulah peribahasa yang nampaknya cocok dialamatkan kepada Peugeot L45 Grand Prix Two-Seater keluaran 1914 ini. Kondisinya yang antik dan klasik membuat harga jualnya selangit, jauh melebihi mobil baru.

Dilansir dari Carscoops, baru-baru ini Peugeot L45 Grand Prix itu telah terjual seharga USD7,6 juta (sekitar Rp102 miliar), di acara lelang Bonhams Auction, di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Diperkirakan, yang membuat harga Peugeot ikonik ini sangat fantastis adalah karena bekas dipakai pembalap mobil asal Italia, Dario Resta, yang memenangi ajang balap Indianapolis 500 Mile Race pada 1916. 

Ada pula yang menyebutkan, jika mobil tersebut juga pernah menjadi tunggangan pembalap asal AS, Ralph Mulford, yang menempati posisi ketiga di ajang balap yang sama pada 1916. 

Dalam pernyataan resminya, di awal 1900-an pembuat mobil Prancis mendominasi motorsport, dan pada 1913 pembalap asal Prancis, Jules Goux mengklaim kemenangannya di Indianapolis endurance race atau lomba ketahanan menggunakan mobil serupa.

Menariknya, Peugeot L45 Grand Prix Two-Seater ini sudah mengusung mesin 3.0 liter pada 1916, namun tak lama kemudian, pabrikan menggantinya dengan mesin 4.5 liter empat silinder dengan camshaft overhead ganda, empat katup per silinder, yang membuatnya menyemburkan tenaga 112 daya kuda pada 2.800 rpm. 

Mobil ini juga dilengkapi rem drum mekanis di keempat penjuru, semi-elliptical leaf spring suspension dan as roda depan dan belakang.

Peugeot L45 Grand Prix Two-Seater yang membawa tanda lahir chassis no.1 bersama dengan engine no.1 itu, disebut menjadi faktor utama yang membuat mobil ini memiliki harga sangat mahal.


(UDA)