Mobil Baru

Inilah Suzuki Solio, Versi Mewah Wagon R

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 29 Jan 2018 08:15 WIB
suzuki mobil
Inilah Suzuki Solio, Versi Mewah Wagon R
Suzuki Solio dikembangkan dari platform yang sama dengan Wagon R. Rushlane

Gujarat: Di Indonesia, Suzuki Wagon R merupakan mobil yang masuk dalam segmen LCGC (Low Cost Green Car). Namun siapa sangka jika mobil ini juga punya saudara yang hadir lebih mewah.

Inilah Suzuki Solio, mobil hatchback kompak yang punya platform yang sama dengan Wagon R. Sepintas mobil ini seperti MPV kotak kelas atas macam Nissan Serena atau Toyota Voxy.

Namun karena dimensinya, lebih pas dengan kei car yang hanya beredar di Jepang. Sosoknya mulai terlihat di jalanan India, di sekitar pabrik Maruti Suzuki. 

Lekuk desainnya mirip Wagon R khususnya bagian kap mesin, tapi dengan tampilan lebih premium. Tentu akan menarik jika mobil ini akan masuk pasar Indonesia kelak.

Dimensi Solio terbilang kompak, panjangnya kurang dari empat meter, atau tepatnya 3.710mm, lebar 1.625mm dan tinggi 1.745mm saja. Lebih panjang dan lebar dibandingkan Wagon R.

Meski begitu daya angkutnya tetap untuk empat hingga lima penumpang. Perbedaan lain, pintu baris kedua model sliding untuk kemudahan akses penumpang.

Solia dipasarkan dengan opsi mesin hybrid, selain itu ada opsi mesin 1.000 cc seperti yang digunakan Wagon R saat ini. Lalu ada pula mesin 1.200 cc K12C bensin atau diesel 1.300 cc.

Secara global, Solio punya varian SZ dan SX untuk versi mesin hybrid dipadu transmisi AMT. Lalu varian mild hybrid (diesel) MZ dan MX dengan transmisi otomatis CVT, lalu versi G (non hybrid) bertransmisi CVT.


(UDA)