Industri Otomotif

Porsche 911 ke-1 juta Not for Sale

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 17 May 2017 08:28 WIB
porsche
Porsche 911 ke-1 juta <i>Not for Sale</i>
Porsche 911 Carerra S warna Irish Green ini akan dipamerkan keliling dunia. gearpatrol/porsche

Metrotvnews.com: Sejak produksi pertamanya pada 1963, kini populasi Porsche 911 dalam berbagai variannya sudah satu juta di seluruh dunia. Unit yang ke satu juta adalah varian Carrera S yang resmi keluar dari pabriknya di Jerman.

Jelas unit ini sangat bersejarah. Tidak cuma mengukuhkan 911 sebagai premium sportcar paling lama dan paling banyak diproduksi. Unit ke satu juta tersebut juga menggambarkan semangat inovasi dan dedikasi keluarga besar Porsche selama lebih dari setengah abad.



Para petinggi Porsche rupanya punya cara unik menunjukkan rasa hormat sekaligus bangganya. Porsche 911 Carrera S warna hijau tua ini akan menempuh perjalanan darat berkeliling dunia untuk dipamerkan di negara-negara yang merupakan pasar utama Porsche seperti Amerika Serikat dan Tiongkok.

"Setelah itu pulang ke Zuffenhausen untuk kami simpan di museum," kata Ketua Dewan Eksekutif Porsche AG, Oliver Blume, sebagaimana dikutip dari situs resmi Porsche.



Sumber tenaga Porsche 911 Carrera S bersejarah ini tetap mesin enam silinder 3.0 liter bertenaga 420 daya kuda. Transmisi yang disematkan sama seperti unit pertama yang lahir pada 1963 silam, yaitu manual enam percepatan dan tentu saja jauh lebih canggih.

Sejak produksi unit pertamanya 54 tahun silam, kini Porsche 911 sudah mencapai generasi ke-10. Uniknya siluet 911 baik untuk varian Carrera, Cayman dan Boxer masih sama dengan unit perdana yang meninggalkan pabrik Porsche di Zuffenhausen, Jerman.



Siluet yang ikonik itu dikembangkan dari Porsche 356/1 produksi 1948 yang cantik. Jejaknya bisa dilihat dari penggunaan dua pintu, buritan landai dan mesin belakang yang di Indonesia diperkenalkan oleh VW Beetle alias kodok.

 


(LHE)