Mengenal 'Pesawat' Imut Beroda Tiga dari Prancis

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 27 May 2017 15:30 WIB
mobil antik
Mengenal 'Pesawat' Imut Beroda Tiga dari Prancis
Inter 175A Autoscooter Berline diproduksi massal pada 1956. silodrome/RM Sotheby’s/Remi Dargegen

Metrotvnews.com: Nama lengkap si imut ini adalah Inter 175A Autoscooter Berline. Nama panggilan akrabnya Torpedo . Nama teknisnya microcar alias mobil kueciiil bener.

Seusai redanya Perang Dunia (PD) II mobil kecil jadi populer di Eropa yang luluh lantak akibat hujan bom selama bertahun-tahun. Masyarakat tidak punya cukup uang untuk membeli mobil baru, tetapi membutuhkan kendaraan untuk transportasi harian dan bekerja mencari nafkah. Mobil murah meriah adalah jawabannya.

Satu di antaranya adalah Topedo warna biru pucat yang diperkenalkan pertama kalinya kepada masyarakat dalam Paris Auto Show 1953 oleh S.N.C.A.N. (Societe Nationale de Construction AeroNautique). Sesuai namanya, semula bisnis utama perusahaan lokal tersebut adalah membuat pesawat terbang.



Maka jangan heran melihat tongkrongannya seperti kokpit pesawat tempur gagal terbang. Tapi coba perhatikan tiga rodanya. Ada dua di depan yang dihubungkan dengan kemudi khas pesawat terbang, sedangkan satu roda di belakang berfungsi sebagai pendorongnya.



Sumber tenaga Inter 175A Berline adalah mesin satu silinder dua langkah pengapian. Kapasitasnya 175cc dengan tenaga terbesarnya delapan daya kuda yang salurkan ke roda belakang melalui transmisi tiga percepatan dan satu gigi mundur. Kecepatan puncaknya diklaim bisa mencapai 80 kilomter per jam.



Posisi duduk tandem bagi penumpang menawarkan aerodinamika yang lebih baik. Atap kanopi harus dibuka miring sebagai pintu itu sepertinya diambil langsung dari badan pesawat yang batal masuk jalur produksi. Di bagasinya terdapat satu roda cadangan.

Saat ini diperkirakan tidak lebih dari 30 unit Inter 175A Autoscooter Berline dalam kondisi utuh dan sebagian besar tidak bisa berjalan dengan baik lagi. Sama seperti mobil antik dan terbatas jumlahnya, Inter 175A Autoscooter Berline adalah salah satu bahan buruan terpanas para kolektor dan balai-balai lelang terkemuka.

Trend microcar dipopulerkan oleh KR-175 produksi Messerschmidt AG, Jerman. Selama berlangsungnya PD II perusahaan yang didirikan Willy Messerschmitt itu adalah penghasil pesawat tempur bermesin turbofan dan jet pertama paling ditakuti pasukan sekutu, Bf 109 dan Me 262.



Traktat perjanjian berakhirnya PD II melarang Jerman memproduksi senjata bagi militer. Ketika proyek rekontruksi dan rehabilitasi digencarkan, perusahaan senjata yang menjadi ujung tombaknya. Ini karena pabrik dan gudang mereka relatih utuh selamat dari bombardir.

 


(LHE)