Industri Otomotif

Pencapaian Pabrik Toyota di Semester I 2017

Ekawan Raharja    •    Rabu, 02 Aug 2017 12:27 WIB
toyota
Pencapaian Pabrik Toyota di Semester I 2017
Pabrik Toyota Indonesia terus meningkatkan jumlah produksi dan ekspor. Toyota

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) membeberkan capaiannya di semester pertama 2017. Pabrik Toyota di Indonesia di klaim sudah memproduksi 114.000 kendaraan utuh di enam bulan pertama.

Jika dirinci, Toyota Fortuner menjadi model yang paling banyak di produksi sebanyak 44 ribu unit dan disusul dengan Toyota Kijang Innova sebesar 33 ribu unit. Kemudian ada pula Toyota Vios yang sudah di produksi sebanyak 16 ribu unit dan model-model lain seperti Toyota Etios Valco, Yaris, dan Sienta yang sudah di produksi mencapai 21 ribu unit.

Bahkan mereka mengklaim bahwa kandungan komponen lokal di mobil-mobil produksi TMMIN sudah mencapai 60-80 persen. Bahkan mereka terus berupaya untuk terus meningkatkan presentase kandungan lokal di mobil-mobil hasil produksi mereka.

"Aoa yag dicapai TMMIN dan pelaku industri otomotif lainnya tentu tidak terlepas dari dampak positif sejumlah kebijakan pemerintah dalam beberapa tahun terakhir. Iklim usaha sekarang lebih kondusif sehingga peran industri otomotif dalam perekonomian bisa terus meningkat. Tidak hanya Toyota, prinsipal otomotif lainnya telah menjadikan Indonesia sebagai basis produksi, sehingga potensi industri ini semakin besar," tulis Presiden Direktur TMMIN, Waring Andang  Tjahjono, melalui keterangan resminya.

Berbicara soal Ekspor, perusahaan yang berbasis di Sunter Jakarta ini mencatatkan ekspor di semester pertama ini sudah mencapai 99 ribu unit. Angka ini meningkat 18 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2016 yang hanya mencatatkan 84 ribu unit.

Secara keseluruhan, Toyota Fortuner menjadi model yang paling banyak di ekspor hingga 33 ribu unit. Kemudian ada pula Vios, Innova, Yaris, Sienta, Avanza, Rush, Lice Ace, dan Agya yang dikirim ke berbagai negara di Asia-Pasific, Timur Tengah, AMeirka Latin, hingga Afrika.

"Peran strategis Toyota Indonesia sebagai salah satu basis produksi dan ekspor bagi Toyota Global maka kami akan terus berupaya untuk mengembangkan produk-produk yang melebihi ekspektasi seiring dengan semangat untuk berkontribusi secara signifikan dalam pengembangan industri otomotif Indonesia," terang Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, Edward Otto Kanter.


(UDA)