Dakar Rally 2016

Stephane Peterhansel Raih Juara Dunia ke-12 di Dakar Rally

Ahmad Garuda    •    Minggu, 17 Jan 2016 10:43 WIB
dakar rally
Stephane Peterhansel Raih Juara Dunia ke-12 di Dakar Rally
Stephane Peterhansel (depan) sang juara dunia dengan 6 kali di kategori motor dan 6 kali di kategori mobil, bersama Cyril Despres, mantan pereli kategori motor yang juga meraih 5 juara dunia. Red Bull

Metrotvnews.com: Menempuh perjalanan sejauh 9.500 km yang melintasi lansekap dari Argentina ke Bolivia dan kembali lagi ke Argentina, bukanlah hal mudah. Apalagi di kategori mobil yang menuntut performa terbaik mobil.

Seperti yang ditunjukkan oleh Stephane Peterhansel, Ia akhirnya sukses meraih kemenangan ke-12-nya setelah bertarung dengan konsisten sepanjang Dakar Rally 2016 berlangsung. Meski sempat mengalami masalah teknis dan diklaim melakukan kecurangan di etape pertengahan, namun sanksi yang diberikan penyelenggara, tidak membuat posisinya jadi mundur.

Bahkan di beberapa etape usai rehat pertengahan lomba, Ia malah tampil lebih kuat. Hingga akhirnya meraih kemenangan keenam di kategori mobil. Ini menyamai kemenangnannya di kategori motor yang sudah berjumlah 6 juara dunia.

"Tekanan yang saya rasakan untuk meraih kemenangan sangat tinggi. Tapi semuanya berakhir ketika saya menyentuh garis finish di etape terakhir. Kemenangan ini adalah target tertinggiku sepanjang karir di ajang balap Dakar Rally. Bukan hanya karena bisa menyamakan gelar kemenangan di kategori motor (6 kali juara) dan kategori mobil (6 kali juara), juga memberikan bayaran yang besar bagi tim Peugeot atas hasil kerja keras mereka selama dua tahun terakhir," bangga Peterhansel.

Dalam menjalani etape terakhir, sebenarnya pencapaian pereli asal Prancis tersebut tidaklah begitu bagus. Namun menjaga ritme agar tidak terkejar oleh Nasser Al Attiyah sukses Ia lakukan. Hingga akhirnya Al Attiyah sendiri tak bisa punya kesempatan untuk tampil sebagai juara dunia lagi.

Hasil bagus juga diraih oleh Sebastien Loeb di etape terakhir. Lantaran Ia kembali meraih kemenangan dan memberikan harapan besar baginya untuk bisa tampil kompetitif tahun depan. Kemenangan ini menjadikan pembelajarannya tahun ini berlangsung sukses. Meski harus kecewa karena terlalu ngotot di zona gurun pasir.

Tak jauh berbeda dengan Mikko Hirvonen. Kendati hanya meraih satu kemenangan etape, namun Ia cukup konsisten finish di urutan terbaik. Sementara Nasser Al Attiyah harus puas finish di urutan ketiga di etape terakhir.

Hasil etape-13 Dakar Rally 2016:
1 Sebastien Loeb (F)/Daniel Elena (MC) Peugeot 1h46min51sec
2 Mikko Hirvonen (FIN)/Michel Perin (F) Mini +1min13sec
3 Nasser Al-Attiyah (QAT)/Mathieu Baumel (F) Mini +1min36sec
4 Cyril Despres (F)/David Castera (F) +1min36sec
5 Leeroy Poulter (ZAF)/Robert Howie (ZAF) Toyota +2min04sec

Klasemen akhir Dakar Rally 2016:
1 Stéphane Peterhansel (F)/Jean-Paul Cottret (F) Peugeot 45h22min10sec
2 Nasser Al-Attiyah (QAT)/Mathieu Baumel (F) Mini +34min58sec
3 Giniel de Villiers (ZAF)/Dirk von Zitzewitz (D) Toyota  +1h02min47sec
4 Mikko Hirvonen (FIN)/Michel Perin (F) Mini +1h05min18sec
5 Leeroy Poulter (ZAF)/Robert Howie (ZAF) Toyota +1h30min43sec


(UDA)