Rayakan 1 Juta MX-5, Mazda Turing Keliling Amrik

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 24 Aug 2016 11:49 WIB
mazda
Rayakan 1 Juta MX-5, Mazda Turing Keliling Amrik
Mazda rayakan produksi kesejuta MX-5. Autoguide

Metrotvnews.com: Kemunculan pertamanya di 1989 memberikan perubahan besar terhadap industri otomotif dunia, dan sejak itu lebih dari 1 juta Mazda MX-5 telah diproduksi.

Untuk merayakan pencapaian tersebut, Mazda akan melakukan perjalanan lintas negara menggunakan MX-5 produksi yang ke-1 juta unit, yang baru saja di mulai dalam rangkaian acara 'Mazda Raceway Laguna Seca during 2016 Monterey Car Week'. Perjalanan ini direncanakan berakhir pada Oktober mendatang.

Unit Miata yang ke-1 juta ini diproduksi di Hiroshima pada 22 April 2016, dengan spesifikasi mobil Jepang yang menggunakan posisi kemudi sebelah kanan dan dibekali mesin 1.5 liter empat silinder. Berbeda dengan model yang dipasarkan di Amerika Utara, yang menggunakan mesin 2.0 liter dengan pilihan transmisi manual enam kecepatan.

Di dalam perjalanannya nanti, MX-5 akan ditandem dengan 15 model lainnya yang pernah diproduksi, dan akan melintasi beberapa negara tujuan. Masuk di usianya yang ke-27 tahun, Mazda MX-5 terbaru telah memulai debutnya di Chicago Auto Show 2016.

Meski roadster ini banyak mengalami perubahan bentuk, namun semua Miata dibangun berdasarkan platform dan racikan yang sama. Itulah alasan besar mengapa ada 1 juta Miata.

Hal yang membuatnya menarik, di akhir tur akan ada sekitar 240 buah MX-5. Para pemilik Mazda MX-5 diundang untuk menandatangani unit roadster yang ke 1 juta.


(UDA)