Industri Otomotif

Nissan Masih Bungkam Soal Gugatan Elgrand

Ekawan Raharja    •    Kamis, 07 Jun 2018 18:50 WIB
nissan
Nissan Masih Bungkam Soal Gugatan Elgrand
Nissan Elgrand di Indonesia tidak dilengkapi dengan ban cadangan. Nissan

Jakarta: PT Nissan Motor Indonesia (NMI) digugat tiga orang konsumennya yakni David Tobing, Agus Soetopo dan Dessy Tiurlan Sagala karena Nissan Elgrand milik ketiganya tidak dilengkapi dengan ban cadangan. Mengenai tuntutan tersebut, Nissan Indonesia masih bungkam.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Eiichi Koito, menjelaskan di beberapa negara lain tidak ada aturan mengenai kewajiban ban cadangan. Dia juga mengetahui bahwa di Indonesia memang ada regulasi mengenai kewajiban untuk menyertakan ban cadangan untuk setiap pembelian mobil baru.

"Nissan mencoba mengembangkan ruang untuk menempatkan ban cadangan," ucap Koito di Rabu (7/6/2018) di Bluegrass Kuningan Jakarta.

Ketika ditanyakan kepada Head of Communication Nissan Motor Indonesia (NMI), Hana Maharani, dia juga baru-baru mengetahui gugatan ini dari media. Sehingga Nissan belum memiliki rencana apapun untuk menghadapi gugatan trio konsumen Elgrand tersebut.

"Kita tidak ada informasi yang bisa diinfokan sekarang," ujar Hana melalui pesan singkatnya.

Dari informasi yang beredar, ketiga penggugat merasa dirugikan karena Nissan Elgrand 2.5 Highway Star miliknya, tak dilengkapi ban cadangan, bahkan tempat untuk ban cadangan pun tidak tersedia. Masing-masing penggugat menghukum NMI Rp830 juta dan mobil dikembalikan kepada NMI.

Gugatan yang dilakukan oleh ketiganya tersebut berdasarkan PP Nomor 55 Tahun 2012 dan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, mengatur perlengkapan kendaraan, termasuk keberadaan ban cadangan. Hal inilah yang jadi penyebab Nissan digugat.


(UDA)