Pameran Otomotif

Jokowi Harap, Pameran Otomotif Bisa Tingkatkan Pasar Ekspor

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 02 Aug 2018 11:30 WIB
pameran otomotif
Jokowi Harap, Pameran Otomotif Bisa Tingkatkan Pasar Ekspor
Presiden Joko Widodo buka pameran otomotif GIIAS 2018. Medcom.id/Ekawan Raharja

Tangerang: Presiden Joko Widodo membuka pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Jokowi berharap penyelenggaraan pameran ini tidak hanya mendorong penjualan mobil untuk pasar lokal saja, tapi juga bisa menembus pasar ekspor.

"Industri otomotif agar terus didorong untuk pasar ekspor. Peran industri otomotif di ekonomi kita sangat besar. Ada di posisi kedua dalam sektor pengolahan dan lima besar untuk investasi sektor industri," ucap Jokowi di acara Opening Ceremony GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang, Kamis 2 Agustus 2018.

Jokowi menjelaskan, saat ini kegiatan ekspor industri otomotif Indonesia cukup menggembirakan. Ekspor CBU disebut mencapai 231.000 unit dan komponen otomotid menymbang 8,1 juta unit. 

"Ini besar sekali. Untuk mewujudkan itu semua, Jokowi berpesan, kalu kita harus berani keluar dari zona nyaman, harus dinamis, kerja keras dan menerapkan inovasi yang terbarukan.

Jokowi mengatakan, untuk mendorong industri kita menjadi lebih kompetitif sehingga ekspor akan naik, pemerintah sudah menyiapkan insentif pajak, yakni berupa tax holiday dan tax allowance

"Tak hanya itu, pemerintah juga berencana memberikan pemotongan 200 persen, tapi masih dikaji oleh menteri keuangan," tambah Jokowi.

Sebagai informasi, GIIAS 2018 diselenggarakan dari 2 hingga 12 Agustus. Pameran ini diikuti oleh sejumlah produsen mobil dari berbagai negara.


(UDA)