Industri Otomotif

Toyota dan Suzuki Sepakat Bertukar Tipe Mobil di India

Ekawan Raharja    •    Jumat, 30 Mar 2018 12:07 WIB
toyotaindustri otomotifsuzuki mobil
Toyota dan Suzuki Sepakat Bertukar Tipe Mobil di India
Toyota dan Suzuki lakukan kerja sama di India. Medcom.id

India: Toyota Motor Corporation dan Suzuki Motor Corporation sepakat untuk melakukan kerja sama. Keduanya akan saling bertukang mobil dan bekerja sama untuk teknologi hybrid.

Nantinya kerja sama ini akan dilakukan oleh Toyota Kirloskar Motor dan Maruti Suzuki untuk pasar di India. Di dalam kerja sama itu tertuang Suzuki akan memasok Baleno dan Vitara Brezza ke Toyota, dan Toyota akan memasok Corolla untuk Suzuki.

Melalui kesepakatan ini Suzuki akan memasok versi bensin dan versi hybrid hatchback Baleno, bersama dengan SUV compact Vitara Brezza ke Toyota. Sementara itu Toyota akan memproduksi versi bensin dan hybrid Corolla untuk Suzuki.

Sehingga nanti kemungkinan akan lahir Suzuki Corolla, Toyota Baleno, dan Toyota Vitara Brezza. Langkah strategis keduanya rencananya akan berlangsung pada pertengahan 2019.

Dikutip dari Car and Bike, tujuan dari kerja sama ini untuk meningkatkan persaingan antara keduanya dan saling memberikan keuntungan. Sebagai pabrikan mereka juga memiliki misi untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan yang ditawarkan.

Rencana mesra Toyota dan Suzuki ini juga akan berimbas kepada komponen lokal, dan sejalan dengan rencana pemerintah setempat untuk meningkatkan kandungan lokal. Selain itu mereka juga berencana untuk meningkatkan penjualan mobil hybrid, sehingga bisa menurunkan konsumsi bahan bakar dan membuat lingkungan lebih baik.


(UDA)