Paris Motor Show 2016

Maybach 6, Si Mancung untuk Piknik Romantis

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 14 Oct 2016 21:32 WIB
pameran mobilmercedes-benz
Maybach 6, Si Mancung untuk Piknik Romantis
The Vision Mercedes-Maybach 6. (carmagazine.co.uk)

Metrotvnews.com, Paris: Kejenius tim desain Mercedes-Benz seolah tumpah ruah di Maybach 6. Mobil listrik bernama lengkap Vision Mercedes-Maybach 6 ini sukses membungkus keganasan sport car dan kecanggihan teknologi dalam keanggunan dan kemewahan klasik.

Paling mencolok dari coupe yang dipajang di Paris Motor Show 2016 ini adalah sosoknya sepanjang 5,7 meter. Memang lebih pendek dibanding Maybach S600 Limousine, namun sangat panjang untuk sebuah mobil yang hanya mempunyai dua tempat duduk.



Separuh dari panjang itu adalah bonnet yang super 'mancung'. Sudah tentu di dalamnya tidak ada mesin bakar yang perlu didinginkan. Sedangkan motor listrik batereinya jelas terlalu kecil ukurannya untuk diletakkan di sana. Lalu ada isinya?

"Hahaha...mobil ini untuk perjalanan romantis bersama pasangan tercinta. Anda tentu perlu bagasi untuk koper atau keranjang makanan bekal piknik kan?" jawab Stefan Lamm, kepala tim desain Maybach 6.



Keunikan lainnya adalah adanya grill di ujung bonnet. Bahkan grill itu benar-benar berfungsi menangkap angin lalu menyalurkannya untuk mendinginkan radiator layaknya mobil mesin konvensional. Bukan sekedar pemanis seperti grill di Mercedes EQ yang juga bermesin listrik.

"Sebetulnya mobil listrik juga butuh pendingin radiator lho. Terutama buat mendinginkan mesin setelah dipakai perjalanan jauh secara atau melaju dengan kecepatan tinggi. Mobil listrik lainnya juga punya radiator yang perlu pendinginan, cuma tidak dalam bentuk grill," jelas Lamm sebagaimana dikutip carmagazine.co.uk.

Tidak berlebihan Maybach 6 dibekali radiator dengan grill. Mobil berpintu gulf wing ini mampu melompat dari 0-100 km/j dalam waktu kurang dari empat detik berkat motor listrik bertenaga 550 kW dan batereinya yang memasok tenaga 80 kWh. Kecepatan tertingginya mencapai 250 km/j dan melaju hingga 500 km nonstop dalam sekali pengisian baterei.



"Selain itu kami pikir grill adalah elemen penting membentuk ekspresi wajah mobil - itu diakui pelanggan mewah di seluruh dunia. Jadi apa salahnya?" sambung Lamm yang sebelumnya adalah desainer Ford.

 


(LHE)