Mobil Baru

Trik Unik Tata Motors Jaring Konsumen di 2017

Ahmad Garuda    •    Senin, 20 Mar 2017 16:15 WIB
mobil baru
Trik Unik Tata Motors Jaring Konsumen di 2017
Tata Motors Indonesia fokus di segmen mobil niaga. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Penjualan mobil di segmen komersial, mengalami penurunan yang cukup signifikan. Bukan hanya merek-merek ternama di pasar nasional yang terdampak. Namun juga merek pendatang baru seperti Tata Motors yang sempat membukukan penjualan tertinggi unitnya hingga awal tahun lalu.

Tapi mereka punya cara unik untuk melakukan penjualan. Yaitu trik jemput bola dengan cara mendatangi perusahaan yang punya potensi besar untuk membeli produk mereka.

"Cara seperti ini masih akan kami lakukan di 2017. Kami ingin calon konsumen itu tahu betul dengan keunggulan produk yang kami miliki. Misalnya soal irit konsumsi bahan bakar hingga kapasitas muatan, apakah itu barang atau orang. Kami mendatangi kantor mereka seperti ekspedisi khusus, dan kami berikan kesempatan untuk mencoba unit," ujar Public Relation and Corporate Communication Head PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), Kiki Fajar.

Namun Kiki menegaskan bahwa ada saja tantangan dalam melakukan trik seperti ini. Misalnya karena masih dianggap sebagai merek baru di tanah air, cenderung banyak yang meminta potongan harga khusus. Padahal merek ini sebenarnya sudah teruji di negara asalnya dan beberapa negara yang penyebarannya sudah lebih banyak.

Tentang proyeksi pasar otomotif nasional, Kiki merasa optimis bahwa tahun ini mereka bisa bangkit kembali. Lantaran kondisi perekonomian bangsa termasuk daya beli masyarakat mulai terlihat. Tinggal bagaimana menerapkan strategi yang tepat kepada calon konsumen agar mereka bisa memanfaatkan pasar dengan sebaik-baiknya.


(GUS)