Peristiwa Unik

Iran Ogah Keluarkan Nopol Untuk Mobil Asal AS

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 15 Nov 2016 09:00 WIB
mobil
Iran Ogah Keluarkan Nopol Untuk Mobil Asal AS
Peraturan ini juga kenai brand Jepang yang diimpor dari Amerika. Motor1

Metrotvnews.com: Kepolisian Iran tak lagi mengeluarkan nomor polisi (nopol) untuk mobil baru yang didatangkan dari Amerika Serikat. Gara-gara kebijakan ini, sebanyak 500 pembeli mobil di Iran tak bisa mengendarai mobilnya.

Brand-brand yang dicoret oleh kepolisian Iran adalah brand asal AS. Selain itu, ada juga brand Jepang atau Eropa yang dirakit di negeri Paman Sam. Termasuk Toyota Prius yang hasil racikan Jepang namun diimpor dari AS.

"Semua buatan dan merek AS termasuk Toyota dan Honda dicoret dari daftar mobil yang bisa mendapatkan pelayanan nopol," papar seorang polisi Iran, Saeed Montazerolmahdi, seperti dituliskan Motor1.

Toyota dan Honda tak ekspor mobil ke Iran secara resmi. Jadi mereka tak bisa berbuat banyak saat ini. Para pembeli mobil pun terancam kurungan setahun penjara kalau nekat mengendarai mobilnya tanpa nopol resmi.

Ayatollah Ali Khamenei, salah satu petinggi di pemerintahan Iran sudah melarang produk dari AS sejak 2015. Tapi mobil tak termasuk dalam larangan tersebut.

"Bahkan orang Amerika tak tertarik beli mobilnya sendiri karena berat dan boros. Jadi kenapa kita harus impor mobil dari pabrikan Amerika yang bangkrut?" tegas Ali.


(HIL)