Tips Knowledge

Mengemudi Eco Driving Optimalkan Konsumsi BBM

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 26 Nov 2016 10:00 WIB
tips knowledge
Mengemudi <i>Eco Driving</i> Optimalkan Konsumsi BBM
Edukasi mengemudi eco driver. Dok. Pribadi

Metrotvnews.com, Surabaya: Tingginya polusi pencemaran udara CO2 yang dihasilkan oleh industri tranportasi darat telah menjadi perhatian seluruh dunia. Mengurangi polusi udara merupakan tanggung jawab bersama. Termasuk pemerintah, para produsen kendaraan bermotor, dan masyarakat. 

Dari sisi masyarakat, cara mengemudi Eco Driving bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dan sangat berperan mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Eco Driving juga berkontribusi terhadap program pelestarian lingkungan. Salah satu penyumbang pemanasan global adalah penyerapan gas karbondioksida (CO2)/efek rumah kaca. Mirisnya, sektor transportasi menempati posisi ke-3 penyumbang emisi karbon terbesar.

Jika melihat dari sisi keterampilan mengemudi terdapat tiga aspek keterampilan mengemudi, yaitu Defensive Driving, mengemudi untuk menyelamatkan nyawa, waktu dan uang. Kemudian Safety Driving, mengemudi aman dan selalu berpikir jauh ke depan serta waspada terhadap segala resiko yang terjadi. Terakhir, Eco Driving, mengemudi untuk menghemat waktu, biaya dan ramah lingkungan.

Dalam memerangi polusi udara, Eco Driving menjadi pilihan terbaik dari tiga kategori skill mengemudi, karena mengkombinasikan antara teknik mengemudi secara Safety Driving dengan psikologi dari Defensive Driving. Namun, Eco Driving juga membutuhkan persiapan sebelum berkendaraan serta kemampuan berkendara.

“Kami berkeinginan untuk berkontribusi aktif dalam melakukan program sosialisasi dan program edukasi publik mengenai Eco Driving ini. Dengan pemahaman dan persiapan yang benar, bukan tak mungkin Eco Driving akan memberikan keuntungan menyeluruh baik bagi pengendara dari sisi keselamatan maupun efisiensi penggunaan bahan bakar maupun lingkungan sekitar,” kata Perwakilan dari Nissan College, Nissan Training Center Sugihenti di acara edukasi mobil123 bersama blogger, di Surabaya, pada pekan lalu.

Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan wadah edukasi inspiratif bagi masyarakat otomotif tanah air. Setidaknya dengan menggelar rangkaian kegiatan talkshow dan tatap muka dengan berbagai kalangan termasuk blogger.

 


(HIL)