Industri Otomotif

Nissan Pastikan Grand Livina akan Tetap Bertahan

Ekawan Raharja    •    Jumat, 24 Nov 2017 17:19 WIB
nissan
Nissan Pastikan Grand Livina akan Tetap Bertahan
Tantangan 7 Liter Nissan sukses lewati 137 kilometer di Bali. Nissan

Jakarta: Penjualan Nissan dari waktu ke waktu terus mendapatkan tekanan dari berbagai agen pemegang merek. Bahkan melihat sepak terjang Grand Livina di segmen gemuk MPV juga tidak banyak bisa berbicara.

Melihat data wholesale GAIKINDO per Oktober 2017, Nissan hanya bisa menjual 13.090 unit mobil. Bahkan angka penjualan mereka masih di bawah Suzuki dan Mitsubishi yang sudah berhasil mencapai angka penjualan 90 ribu unit.

Kemudian melihat kondisi Grand Livina di segmen multi purpose vehicle (MPV), bisa dibilang kalah bersaing dengan Toyota Kijang Innova dan Toyota Sienta. Grand Livina hanya menyetuh penjualan di angka 5.664 unit, sedangkan Kijang Innova berjaya dengan menjual 50.318 unit.

President Director PT Nissan Motor Indonesia, Eiichi Koito, masih optimis dengan kondisi Grand Livina. Menurutnya mobil tersebut masih bisa tetap bersaing dengan kompetitornya.

"Model ini sebetulnya kami perkenalkan di segmen yang lebih tinggi, namun kini dijual dan bersaing di segmen LMPV. Jadi sebetulnya, anda bisa melihat dari performa dan kualitasnya lebih unggul dibanding pesaingnya, masih sangat kompetitif," ucapnya usai acara Tantangan 7 Liter Livina di Bali.

Bahkan pria asal Jepang ini tetap optimis meski pasar MPV semakin sesak. Koito melihat pasar semakin besar, dan tetap peluang tetap bagus ke depannya.

"Segmen MPV ini memang sangat ramai, pasarnya sangat baik, banyak kompetitor. Itulah kenapa, saya yakin produk kami masih sangat kompetitif, tapi kami harus membuat pelanggan tahu soal itu," ujar Koito.

Pria yang sebelumnya bekerja di Mitsubishi ini melihat Grand Livina kalah bersaing karena banyak masyarakat yang belum paham mengenai mobil keluarga tersebut. Sehingga Nissan perlu melakukan serangkaian strategi untuk memperkenalkan Grand Livina lagi kepada pasar otomotif tanah air.

"Saat ini dengan segala aspek kompetitifnya, kami belum terlalu menyampaikannya kepada masyarakat, pelanggan tidak begitu sadar dengan keunggulan-keunggukan tersebut. Makanya kami menggelar event Tantangan 7 Liter Livina, untuk  memperlihatkan lagi keunggulan Grand Livina. Tidak hanya untuk media, kami juga mendorong para diler untuk melakukannya. Penting bagi pelanggan untuk tahu, bukan hanya tahu tapi ada istilah feeling is believing jadi pelanggan bisa langsung merasakan keunggulan produk ini," yakin Koito.

Sayangnya Koito tidak menjawab dengan pengembangan Grand Livina ke depannya. Dia tidak memberikan informasi apakah akan ada pembaruan di 2018.


(UDA)