Test Drive

Berbekal 7 Liter Bensin, Grand Livina Sanggup Tempuh 137 km

Ekawan Raharja    •    Jumat, 24 Nov 2017 14:48 WIB
test drivenissan
Berbekal 7 Liter Bensin, Grand Livina Sanggup Tempuh 137 km
Tantangan 7 Liter Nissan sukses lewati 137 kilometer di Bali. Nissan

Bali: Di saat dua APM lain berusaha merebut segmen pasar di segmen mobil ramai peminat yaitu small MPV, Nissan malah fokus melakukan pembuktian performa mobilnya. Yaitu efisiensi penggunaan bahan bakar yang mereka gelar dalam tajuk Tantangan 7 Liter Livina.

Dalam tantangan tersebut, tim Metrotvnews.com pun diberikan kesempatan khusus menjajal mobil tersebut dan berkeliling di Pulau Dewata. Melihat dari nama tantangannya ini, kami akan diberikan satu unit Nissan Grand Livina. Hanya saja, mobil yang digunakan ini hanya terisi tujuh liter bensin.

"Grand Livina terkenal dengan kenyamanan saat berkendara. Ini berkat dukungan dari teknologi CVT yang dapat menghemat konsumsi bahan bakar tanpa harus mengorbankan performa kendaraan," ujar President Director, Eiichi Koito, saat ditemui di Pantai Balangan Bali.

Secara keseluruhan kami diajak untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata di Bali. Kurang lebih 137 kilometer jarak yang harus kami tempuh bermodalkan tujuh liter bensin.

Jalur yang ditempuh pun melewati karakter jalanan perkotaan yang macet, pegunungan dengan kontur jalan penuh tanjakan dan turunan, serta jalur luar kota yang lurus. Perlu diingat, selama perjalanan kami semua melaju dengan kondisi AC hidup.

Mobil MPV yang kami gunakan juga diisi oleh dua orang yakni supir dan navigator. Kemudian untuk bahan bakarnya menggunakan Pertamax dengan RON 92 yang sesuai dengan standar spesifikasi mesin.

Hasil konsumsi paling baik diraih oleh Jeffry Yanto Sudibyo. Multi Information Display (MID) dihadapannya mencatatkan rata-rata konsumsi bahan bakarnya mencapai 20,7 kilometer per liter.

"Triknya ketika menjaga putaran mesin tidak lebih dari 1.800 rpm. Kemudian memimalisir penggunaan rem juga, termasuk ketika di lampu merah. Kalau di depan ada lampu merah, saya perkirakan waktu lampu berwarna hijau dan jarak mobil di depannya," bebernya kepada tim Metrotvnews.com.

Lantas bagaimana dengan mobil yang kami gunakan? MID yang ada dihadapan kamu menunjukan konsumsi rata-rata bensin di 17,1 kilometer per liter. Hasil ini cukup membawa kami menyentuh garis finis yang berada di Pantai Balangan.


(UDA)