Industri Otomotif

Produsen Mobil Bidik Segmen Pengemudi Perempuan di Arab

Ekawan Raharja    •    Jumat, 06 Oct 2017 18:28 WIB
industri otomotif
Produsen Mobil Bidik Segmen Pengemudi Perempuan di Arab
Mulai Juni 2018, wanita di Arab Saudi sudah diperbolehkan mengemudikan mobil sendiri. AFP/ Fayez Nureldine

Metrotvnews.com: Arab Saudi dalam waktu dekat mencabut larangan berkendara bagi para perempuan. Kebijakan ini tentu akan membuka pasar baru otomotif di Arab Saudi, yakni pengemudi wanita.

Bloomberg mencatat ada sekitar 9 juta perempuan menjadi konsumen produsen mobil. Sudah pasti para produsen ini tidak ingin ketinggalan untuk memperebutkan pasar yang cukup besar itu.
 


Seperti contoh Ford yang sudah memulai iklan mobil untuk kaum perempuan ini. Mereka menampilkan gambar mata seorang wanita di spion tengah mobil.

"Selamat datang di kursi pengemudi," tulis mereka di Twitter melalui akun @FordMiddleEast.
Kemudian ada pula Land Rover yang menampilkan gambar isi tas perempuan yang berserakan. Kemudian terdapat sebuah remot mobil di antara barang-barang yang berserakan itu.

"Petualangan menanti anda #SaudiWomenCanDrive," tulis akun @LandRoverMENA.
Volkswagen juga tidak mau kalah dengan menampilkan tangan perempuan yang terdapat henna. Bentuk tangannya mengepal seperti sedang memegang lingkar kemudi mobil.

"Ini giliran anda, mengambil alih kursi pengemudi #SaudiWomenDriving #SaudiWomenCanDrive," tulis akun VWMiddleEast.

Peraturan baru yang memperbolehkan perempuan untuk mengemudi ini tidak terlepas dari desakan ekonomi di negara tersebut. Kehadiran wanita bisa mengemudi diharapkan bisa mendatangkan pendapatan hingga USD90 miliar hingga 2030.

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, baru-baru ini mulai memperbolehkan wanita untuk bisa mengemudi mobil sendiri. Hanya saja kaum hawa baru bisa merasakan mengendarai mobil mulai Juni 2018.


(UDA)