Tips Knowledge

Jangan Abaikan Peran Wiper saat Hujan

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 23 Apr 2018 10:41 WIB
tips knowledge
Jangan Abaikan Peran <i>Wiper</i> saat Hujan
Wiper yang dalam kondisi tidak bagus bisa merusak kaca mobil. YourMechanic

Jakarta: Musim hujan masih berlnjut. Oleh karena itu, sebaiknya periksa wiper mobil Anda. Karena jika wiper rusak, jarak pandang akan terganggu ketika hujan turun. Selain itu wiper yang tidak dalam kondisi bagus juga berpotensi membuat kaca depan mobil jadi baret.

Lalu apa saja ciri-ciri wiper yang tak layak pakai atau sudah harus diganti?

Kerusakan bisa dilihat, didengar, dan dirasakan. Wiper terlihat rusak ketika karet sudah terbelah, retak, karat, berubah bentuk, dan banyak penumpukan benda-benda asing di sana. 

Mengenali kerusakan wiper juga bisa melalui pendengaran. Wiper yang rusak terdengar getaran saat dioperasikan. Sedangkan kerusakan melalui sentuhan saat karet sudah terasa keras dan tak lagi mampu menyapu air.

Sebaiknya mengganti wiper ketika salah satu gejala ini sudah mulai muncul. Jika diabaikan, kaca mobil justru bisa rusak.

Namun cukup membersihkan wiper jika hanya terjadi penumpukan kotoran atau benda asing. Caranya dengan mengangkat wiper lalu mencucinya.

Harga wiper berkisar Rp45 ribu-Rp95 ribu. Untuk yang merek bagus seperti Denso ukuran standar dijual seharga Rp75 ribu, sedangkan untuk ukuran yang agak panjang seperti Innova dan Avanza dijualnya Rp85 ribu-Rp95 ribu.


(UDA)