Test Drive

Punya Kaki Baru, New Mirage Lebih Agresif

   •    Kamis, 29 Sep 2016 17:45 WIB
mitsubishi
Punya Kaki Baru, New Mirage Lebih Agresif
Mitsubishi New Mirage, performa lebih agresif berkat ubahan di sektor kaki-kaki. KTB

Metrotvnews.com, Surabaya: Mobil perkotaan yang punya tenaga besar dalam dimensi yang kecil, memang banyak. Namun untuk tipe mesin 3 silinder non turbo, rasanya tak banyak yang masuk kategori ini. Mitsubishi New Mirage menjawab tantangan tersebut.

Di dalam uji coba yang mengambil rute Surabaya ke Batu-Malang, kami memperlakukan mobil ini cukup agresif. Hasilnya di luar perkiraan sebelumnya. Meski tenaganya hanya 77,5 daya kuda, tapi torsi yang cukup besar, membuatnya cukup garang diajak stop & go.

Lalu apakah ada perubahan di sektor mesin yang ditawarkan oleh Mitsubishi di varian terbaru ini? Tidak ada. Lalu apa penyebab Ia bisa tampil agresif?

Akan kami uraikan satu per satu.

Perubahan sektor kaki-kaki
Bagian yang paling mencolok dari New Mirage adalah konfigurasi bagian kaki-kaki. Setup suspensi yang lebih rigid, membuatnya lebih nyaman saat bermanuver ekstrim. Gejala limbung tidak begitu terasa, baik saat bermanuver dalam kecepatan tinggi atau rendah.

"Setup suspensi hanya ada sedikit penyesuaian karena sekarang bannya juga sudah lebih besar, yaitu velg alloy 15 inci. Lebar tapak ban 175 dan ketebalan dari velg juga membuatnya lebih rigid. Efeknya jadi lebih stabil. Sehingga stabil saat bermanuver di atas kecepatan 100 km per jam," ujar Technical Service Department, Service Engineering & Testing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Teguh Hendratno.

Bagian kedua yang membuatnya terasa lebih agresif dan tetap nyaman adalah setup kemudi dan rack steering-nya. Khusus bagian ini, mereka tidak banyak mengumbar bagian yang mengalami perubahan, tapi secara kinerja, membuat feeling pengendara pada roda lebih terasa.

Torsi besar

Mesinnya tidak mengalami perubahan. Masih berkapasitas yang sama dengan dua pendahulunya, yaitu 1.200 cc dengan konfigurasi 3 silinder segaris. Komponennya juga sama persis.

Lantaran mengusung mesin 3 silinder, wajib hukumnya membuat torsi lebih besar agar mesin tidak berat di tarikan awal. Transfer tenaga ke roda yang lebih baik juga membuatnya minim jeda.

Tapi bukan berarti mengorbankan sisi ekonomis di konsumsi bahan bakar. Berdasarkan ukuran yang ada di multi information display (MID), mobil ini mengkonsumsi 8,8 liter per 100 km saat dikendarai dengan gaya agresif. Ini kombinasi antara jalan padat, lengang menanjak dan menurun.

Hanya saja, Anda mungkin butuh penambahan peredam untuk kabin, agar suara knalpot yang meraung seperti mesin V8, tidak terlalu mengganggu.

Desain baru

Namanya facelift, sudah pasti mobil ini menawarkan tampilan yang segar. Grill besar dan velg yang membentuk konvigurasi V hingga penggunaan list krom membuat tampilan city car lebih menarik dibanding sebelumnya.

Fitur safety
Ada beberapa fitur safety yang tak dimiliki mobil lain di kelasnya. Mulai dari rangka yang lebih kokoh dan ringan, penempatan dual SRS airbag untuk pengemudi dan penumpang bagian depan, serta seatbelt pre-tensioner.

Secara umum, mobil ini punya performa yang cukup diperhitungkan. Jika membandingkannya dengan city car lain dengan performa setara dan fitur yang juga cukup banyak, New Honda Brio adalah pesaing terdekatnya. Kompetitor lainnya adalah Kia Picanto, Hyundai i10, Toyota Etios dan Nissan March.

New Mirage dipasarkan dengan harga Rp171,5 juta untuk tipe GLX, Rp183,5 juta untuk tipe GLS dan Rp191 juta untuk tipe Exceed. Harga ini adalah on the road Jakarta.
 


(UDA)