Recall Mobil

Modul Transmisi Rusak, Hyundai Recall 41 Ribu Tucson 2016

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 22 Sep 2016 10:14 WIB
recall mobil
Modul Transmisi Rusak, Hyundai <i>Recall</i> 41 Ribu Tucson 2016
Hyundai Tucson 2016 ditarik karena bermasalah di bagian transmisi. Autoguide

Metrotvnews.com: Hyundai Tucson 2016 ditarik (recall) untuk mengatasi masalah software yang bisa menonaktifkan akselerasi. Ini terjadi setelah rusaknya modul kontrol transmisi, sehingga penarikan berdampak terhadap 41 ribu unit mobil di Amerika.

Modul kontrol transmisi yang dipasok oleh Dymos Incorporated ini bertugas untuk mengendalikan perpindahan/pergeseran gigi, di tujuh kecepatan transmisi dual-clutch Tucson. Penyebab kerusakan modul diketahui karena pengaruh cuaca panas.

"Dalam suhu ruangan lebih tinggi dan kondisi operasi tertentu, akselesrasi mobil dapat terganggu karena sistem transmission clutch application logic tidak bekerja, terutama dari posisi berhenti," kata National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Menurut NHTSA, jika software ini secara mendadak menonaktifkan akselerasi kendaraan saat berjalan, akan berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan. NHTSA menganggap Hyundai Amerika tak menyadari dampak kecelakaan, atau cidera yang berhubungan dengan masalah ini.

Mobil yang terkena dampak diproduksi antara 20 Mei 2015 hingga 31 Mei 2016, yang dilengkapi dengan tujuh kecepatan EcoShift transmisi dual-clutch. Untuk mengatasi masalah tersebut, dealer Hyundai negeri paman sam itu akan memprogram ulang komputer transmisi ini.

Meski tidak disebutkan apakah penarikan akan berpengaruh di Indonesia, ada baiknya bagi pemilik model tersebut untuk segera memeriksakan kendaraannya ke dealer, untuk mencegah dan mengantisipasi risiko kecelakaan.


(UDA)