Teknologi Otomotif

KOMATSU Riset Big Truck Bertenaga Listrik

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 20 Sep 2017 14:47 WIB
teknologi otomotif
KOMATSU Riset <i>Big Truck</i> Bertenaga Listrik
Dump truks di pertambangan juga bakal menggunakan tenaga listrik. Autoevolution

Metrotvnews.com: Tidak banyak yang menyangka jika mobil raksasa yang biasa dipakai di pertambangan, yang dikenal dengan big truck juga sudah mengalami perkembangan teknologi. Bahkan beberapa big truck saat ini sedang dikembangkan untuk menggunakan motor listrik yang tenaganya bersumber dari baterai.

Dilansir dari Autoevolution, big truck seri BELAZ-75710 memiliki motor listrik yang bertenaga 1.200 kW atau sekitar 1.632 daya kuda, yang terselip di keempat rodanya. Itu cukup untuk menggerakan monster pertambangan seberat 810 ton itu. Bahkan bisa membawa 1.000 ton saat terisi penuh.

Sementara menurut Autoevolution, KOMATSU punya cara kerja yang jauh lebih sederhana. Beratnya hanya 110 ton, tapi seperti BELAZ, itu juga memiliki drivetrain listrik. Beda lagi dengan mesin Belarusia, yang memiliki dua mesin besar di kapal yang berfungsi sebagai generator, truk ini menggunakan baterai 700 kWh yang menyumbang 4,5 ton berat kendaraan.

Sekrang truk bernama E-Dumper yang digagas oleh dua perusahaan, yakni Kuhn dari Switzerland AG dan Lithium Storage GmbH, dalam proses pengembangan. Keduanya perusahaan ditugaskan oleh Ciments Vigier SA untuk mengembangkan master pengangkut listrik dengan cara melucuti sebuah KOMATSU 605 HD dan mengganti mesin dieselnya dengan powertrain listrik.

Disebutkan, jika dalam waktu yang tidak lama lagi prototipe ini hampir selesai, dan siap untuk dioperasikan untuk membawa muatan 65 ton ke atas dan ke bawah dipertambangan di Swiss. Menariknya, paket baterai E-Dumper dapat mengisi ulang baterai dengan memanfaatkan jalan menurun.

Riset yang dilakukan The Swiss Federal Laboratories for Materials Science and Technology memperkirakan, bahwa truk tersebut akan dapat meregenerasi atau terus mengisi ulang baterai sekitar 40 kWh energi saat melewati 20 turunan setiap hari. 

Itu berarti, menurut institusi yang sama, bahwa E-Dumper akan menjadi kendaraan Energi Plus yang dapat mengembalikan surplus energi 200 kWh setiap hari.

Jika benar dan prototipe ini berhasil diproduksi, maka masalah energi akan terpecahkan dan E-Dumper akan menandai peluncuran pembangkit tenaga listrik dump truck pertama di dunia dimana kendaraan ini digunakan untuk menghasilkan listrik.


(UDA)