Industri Otomotif

Perancis akan Stop Penjualan Mobil Konvesional di 2040

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 09 Jul 2017 09:24 WIB
mobil listrik
Perancis akan Stop Penjualan Mobil Konvesional di 2040
Program 2040 Perancis jadi tantangan untuk produsen mobil lokal. Paultan

Metrotvnews.com: Banyak negara terus memerangi pemanasan global serta pemperkuat pengembangan mobil ramah lingkungan. Perancis jadi salah satu negara yang akan mencoba untuk menjadi negara yang ramah lingkungan.

Tahun 2040 mendatang, negara tersebut akan melarang penjualan mobil bermesin diesel dan bensin. Gerakan ini menurut Nicolas Hulot, Menteri Ekologi Perancis sebagai sebuah revolusi, seperti dituliskan BBC.

Hulot berjanji kepada Presiden Perancis, Emmanuel Marcon untuk mengumumkan rencana pelarangan mobil berbahan bakar fosil, sebagai bagian dari komitmen Perancis. Hulot juga menambahkan 2050 Perancis terbebas dari emisi karbon.

Perancis mengakui negaranya saat ini sangat berpolusi, terutama Paris. Saat ini penjualan mobil hybrid hanya 3,5 persen dan mobil listrik 1,2 persen dari total pasar mobil disana.

Melihat hal ini, rencana 2040 akan terganggu jika tak ada pergerakan apa pun. Hulot mengatakan pemerintah akan memberi kemudahan finansial untuk mengganti mobil lama dengan yang lebih ramah lingkungan.

Tentunya hal ini bagaikan tantangan bagi Peugeot-Citroen dan Renault, merek lokal yang mendominasi pasar. Sementara Volvo sudah mengatakan mobil buatannya akan hybrid dan listrik sejak 2019 mendatang.


(UDA)