Industri Otomotif

Mobil Angkut Lokal Ekspansi Ke Malaysia

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 30 Jul 2017 10:32 WIB
industri otomotif
Mobil Angkut Lokal Ekspansi Ke Malaysia
Ekspor perdana Wintor ke Malaysia. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Cikarang: Menteri perindustrian Airlangga Hartanto, meresmikan ekspor perdana unit Wintor ke Malaysia, sebagai angkutan khusus perkebunan serbaguna, di Astra Otoparts, Cikarang, Jawa Barat, Jumat (28/7/2017).

Menariknya, kendaraan angkut khusus perkebunan karya anak bangsa bernama Wintor ini, kandungan komponen lokalnya sudah mencapai 86 persen, dan disebut bakal prototipe kendaraan pedesaan.

"Dimulainya ekspor kendaraan Wintor ke Malaysia menjadi bukti, bahwa produk otomotif Indonesia mempunyai daya saing dengan negara lain," ujar Airlangga di acara peresmian.

Wintor disebut cocok untuk digunakan di perkebunan sawit karena diklaim mampu menekan biaya hingga 60 persen dibanding metode angkut manual.  Selain didesain untuk mengangkut sawit, prototipe Wintor bisa juga diaplikasikan sebagai kendaraan angkut lainnya yang dikonversi sesuai kebutuhan konsumen.

Sebagai informasi, Wintor diproduksi PT Velasto Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, dengan kapasitas 3.000 unit per tahun. Ekspor perdana ke Malaysia ini masih dalam jumlah terbatas sesuai pesanan.

Direktur PT Velasto Indonesia, Reiza Treistanto menyebutkan, pada tahap awal baru sekitar empat unit, dan diharap terus berlanjut dengan jumlah yang lebih banyak dan terus bertambah.


(UDA)