Tips Keselamatan Berkendara

Mata Gampang Silau? Pakai Kacamata Khusus saat Nyetir Malam

Ahmad Garuda    •    Rabu, 30 Jan 2019 07:45 WIB
perlengkapan berkendarasafety riding
Mata Gampang Silau? Pakai Kacamata Khusus saat Nyetir Malam
Jaga pandangan agar tetap aman berkendara pakai kaca mata khusus anti glare di malam hari. ClearVision

Jakarta: Mayoritas kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Indonesia dan di banyak wilayah di dunia, bukan hanya karena pengemudi mengantuk dan terpengaruh alkohol. Tapi juga karena penghilatan yang kurang awas di malam hari.

Dari data total kecelakaan di jalan raya di Indonesia, 40 persen di antaranya terjadi saat berkendara di malam hari. Termasuk karena minimnya penerangan atau paparan cahaya dari mobil lain dari arah depan. Hal ini tentu semakin meningkatkan risiko kecelakaan.

"Berkendara di malam hari memang dibutuhkan kewaspadaan yang lebih besar. Refleks yang tinggi untuk bermanuver untuk mengurangi risiko berkendara. Kalau perlu gunakan kacamata khusus untuk meminimalkan risiko ini," klaim Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu kepada Medcom.id beberapa waktu lalu.

Salah satu penyebab tertinggi orang anti untuk melakukan kegiatan berkendara di malam hari adalah silaunya sorotan lampu mobil dari arah berlawanan. Kalau kondisi ini sudah menimpa seorang pengemudi, maka sudah saatnya mengurangi aktifitas berkendara di malam hari.

Namun jika terpaksa melakukan aktifitas berkendara tersebut, bisa juga dengan cara menggunakan kacamata khusus anti glare dan bisa mereduksi cahaya dari arah berlawanan. Paling tidak ini akan membuat penglihatan sedikit terbantu agar sorot cahaya dari arah berlawanan tidak berpendar.

Kacamata dengan warna lapisan anti glare berwarna kuning, diklaim menjadi yang terbaik untuk penglihatan di malam hari. Jadi sedapat mungkin, pilih kacamata anti glare dengan warna kuning, lantaran juga punya sifat memberikan efek lebih terang pada penglihatan manusia.


(UDA)