Lalu Lintas

Hasil Studi: Mobil Otonom Anti Macet dan Efisien BBM

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 30 May 2017 14:08 WIB
autonomous
Hasil Studi: Mobil Otonom Anti Macet dan Efisien BBM
Kepadatan lalu lintas bisa dikurangi dengan mobil otonom. Hindustan Times

Metrotvnews.com: Mobil otonom alias mobil yang bisa mengemudi sendiri, ternyata juga membawa manfaat lain bagi kondisi lalu lintas. Berdasarkan sebuah hasil penelitian, mobil otonom mampu mengurangi kemacetan di jalan raya, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Penelitian yang dilakukan Universitas Illinois dan Universitas Arizona Amerka serikat menyatakan, mobil otonom mampu mengurangi kemacetan, khususnya dalam kondisi lalu lintas yang stop and go. Kondisi ini kerap terjadi dijalanan kota besar.

Kepadatan jalan bisa dikurangi dengan laju kendaraan kurang dari 50 kilometer per jam. Pengemudi cukup memberikan perintah mudah kepada mobil otonom seperti berkendara di tengah kondisi macet.

Mereka melakukan penelitian dengan menggunakan 20 unit mobil bergerak melingkar. Hanya satu unit mobil otonom, yang pergerakan maju dan berhenti diatur sistem cruise control pintar. Hasilnya mobil ini mampu mengatur pergerakan lalu lintas dan menjaga jarak dengan mobil di depannya, untuk tetap memberi ruang gerak.

Ruang gerak ini digunakan ketika mobil depan berhenti total, namun pengendara di dibelakangnya masih bisa bergerak perlahan. Berkendara yang meminimalisir stop and go ini juga mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Hasil penelitian ini memang tak sepenuhnya benar di jalanan sesungguhnya. Karena ada banyak lajur jalan dan kecepatan yang tak terbatas. Tapi setidaknya ini menunjukkan mobil otonom membawa dampak positif bagi kondisi lalu lintas.


(UDA)