Mobil Baru

Lebih Dekat Dengan Honda Civic Type R

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 11 Aug 2017 17:19 WIB
honda
Lebih Dekat Dengan Honda Civic Type R
Civic Type R berbanderl Rp995 juta. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, BSD City: Melengkapi keluarga Honda Civic di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengenalkan Civic Type R dalam sebuah pameran otomotif nasoinal di BSD City, Tengarang Selatan kemarin. Mobil ini berbanderol Rp995 juta untuk wilayah Jabodetabek.

"Mobil ini dikembangkan dan mencerminkan semangat dan kecintaan Honda terhadap dunia balap. Tak hanya unggul di atas kertas, mobil ini juga teruji sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di Nurburgring, Jerman," kata Takehiro Watanabe, President Director HPM.

Civic Type R dibekali mesin 2.000cc VTEC Turbo dengan tenaga lebih dari 300 daya kuda, serta torsi 400 Nm. Tenaga mesin disalurkan menuju roda melalui transmisi manual enam percepatan.

"Transmisi manual lebih tepat untuk mobil ini, namun jika kelak akan ada pilihan lain, rasanya transmisi kopling ganda lebih tepat ketimbang full otomatis," kata Hideki Kakinuma, Chief Engineer & Assistant Large Project Leader of Civic Type R, Honda R&D Co., Ltd.

Hideki menambahkan, Civic Type R sebelumnya dibuat ketika base model yang digunakan mendekati akhir-akhir masa produksi. "Dua tahun sebelum akhir maka Type R diproduksi, tapi kali ini tak beda jauh setelah base model muncul langsung dibuat Type R," lanjutnya.

Mobil ini juga dilengkapi dengan tiga mode berkendara yang bisa dipilih sesuai keinginan pengemudi. Mode berkendara itu disebut dengan +R,  Sport dan Comfort.

Civic Type R tampil agresif dengan aero kit bergaya racing yang kental. Grill depan agresif mengawal lampu utama LED. Tak ketinggalan pelek alloy 20 inci dan Type R Exhaust with Finisher. Interior kombinasi merah hitam kuatkan kesan sebuah mobil balap.

Soal fitur terbilang lengkap, mulai dari layar sentuh 7 inci, cruise control, i-MID, throttle/brake input display, G-meter, lap time recorder, enam airbag, vehicle stability assist, hill start assist, rem ABS-EBD-BA, rain sensing windshield wiper, auto door lock, smart entry system dan line watch untuk minimalkan blind spot.


(UDA)