Industri Otomotif

Rencana Nissan untuk Mitsubishi, Maksimalkan Potensi Ghosn

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 13 Apr 2017 08:09 WIB
mitsubishi
Rencana Nissan untuk Mitsubishi, Maksimalkan Potensi Ghosn
Nissan berencana kembangkan Mitsubishi di pasar global. Autoguide

Metrotvnews.com: Tahun lalu Renault-Nissan telah mengakuisisi 34 persen saham Mitsubishi. Menurut kabar yang beredar, nilai saham tersebut mencapai USD237 juta (sekitar Rp3 triliun). Bahkan menjadi yang terbesar dari beberapa pemegang saham yang ada.

Akuisisi saham itu membuat Renault-Nissan menjadi pemegang saham terbesar Mitsubishi. Dominasi Renault-Nissan makin terasa dengan putusan menjadikan Chief Executive Nissan Motor, Carlos Ghosn sebagai chairman anyar Mitsubishi Motors. 

Dikutip dari Autoguide, Ghons telah memiliki rencana untuk membesarkan Mitsubishi, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kehadiran Mitsubishi, yang dianggapnya bagian penting dari rencana Nissan.  

Carlos Ghosn (Kiri) bersama CEO Mitsubishi, Osamu Masuko 

Untuk itu Ia berencana meningkatkan penjualan Mitsubishi di Amerika Serikat (AS), yang selama ini disebut telah kehilangan banyak pengaruh di Amerika Utara. Disebutkan, pada 2002 di AS Mitsubishi terjual 345.111 unit, sementara pada 2016 penjualan 96.267 unit.

Selain itu, perusahaan tersebut saat ini sedang mengembangkan jenis mobil yang diminati pasar. Seperti yang kita tahu bahwa Nissan dan dan Mitsubishi akan berbagi platform untuk menciptakan model masa depan, dan perusahana sudah memiliki tim R & D yang ditunjuk khusus untuk tugas ini. 

Kehadiran Ghosn diyakini menjadi awal dari kebangkitan Renault-Nissan-Mitsubishi. Maklum, Ghosn punya rapor bagus dalam mengeluarkan perusahaan dari kerugian. Salah satunya ketika sukses membangkitkan Nissan dari jurang kebangkrutan pada 1990-an. Berkat kinerjanya pula, keuangan Renault membaik dalam 10 tahun terakhir.


(UDA)