Lalu Lintas

Pihak Swasta Siap Bantu Tangani Uji Kir

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 24 May 2017 13:19 WIB
lalu lintas
Pihak Swasta Siap Bantu Tangani Uji Kir
Proses uji KIR di dealer Hino. HMSI

Metrotvnews.com, Jakarta: 110 gerai Agen Pemegang Merek (APM) di seluruh Indonesia, dan 43 di antaranya berada di wilayah Jabodetabek, siap membantu pemerintah melakukan uji kendaraan berkala atau Kir. Terutama bagi kendaraan umum dan pribadi.

Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi mengatakan, uji Kir untuk meningkatkan keselamatan dan kelayakan berkendara. “Yang namanya APM itu, dia keluarkan 1000 mobil, dia harus bisa servis 1000 mobil juga. Perbedaan dengan pemerintah, swasta selain pengecekan juga ada servis,” kata Yohanes, di acara peresmian uji kendaraan berkala oleh APM di Jakarta, Senin (22/5/2017).

Keterlibatan pihak swasta ini tidak terlepas dari wacana pemerintah, yang bakal memberlakukan uji kendaraan berkala bagi kendaraan pribadi.

"Kendaraan pribadi nantinya diharuskan uji kir, semua angkutan umum dan pribadi yang menggunakan fasilitas publik harus di kir, segera 3-4 bulan ke depan kita akan laksanakan bersamaan," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di acara yang sama.

Lebih lanjut Yohanes menjelaskan, untuk 3 bulan pertama, uji Kir di APM swasta dilakukan gratis. Namun, tarif selanjutnya sama dengan balai uji kir pemerintah. 

“Yang namanya APM itu, dia keluarkan 1000 mobil, dia harus bisa servis 1000 mobil juga. Perbedaan dengan pemerintah, swasta selain pengecekan juga ada servis. Kalau mobilnya tidak bermasalah kita tidak akan servis, paling hanya untuk jasa saja,” tutup Yohanes.


(UDA)