Mobil Baru

Bagian MINI JCW yang Istimewa dari MINI Versi Reguler

Ahmad Garuda    •    Selasa, 05 Dec 2017 16:18 WIB
mobil barumini
Bagian MINI JCW yang Istimewa dari MINI Versi Reguler
MINI Countryman hasil tuning dari John Cooper Works, punya performa lebih tinggi dibandingkan dengan versi reguler. Medcom/Ahmad Garuda

Bandung: Menjajal mobil berperforma tinggi, selalu memberikan sensasi tersendiri. Apalagi brand yang membawahinya punya sejarah panjang dalam industri otomotif dunia. Seperti yang kami MINI dengan tuning khas John Cooper Works yang pastinya punya performa lebih baik.

Lalu apa saja perbedaan versi tuning John Cooper Works (JCW) dengan MINI reguler non JCW? berikut ulasan yang dituturkan Training Manager BMW Group Indonesia, Arifin Makaminan di acara MINI Adventure.

Performa Dahsyat
"Kalau berbicara tentang performa, ya sudah pasti MINI melalui JCW menawarkan paket tuning yang lebih dahsyat. Itu terlihat dari data dan juga bisa dirasakan langsung saat menekan pedal gas mobil tersebut," klaim Arifin.

Tuning khusus yang dilakukan MINI melalui John Cooper Works memang sangat dahsyat. Dari versi MINI Cooper S Countryman berkapasitas mesin sama, namun berkat tuning kit JCW yang tertanam di jantung pacunya, MINI JCW sanggup melepaskan tenaga 231 daya kuda dan torsi yang mencapai 350 Nm.

Sedangkan versi Cooper S berada di 192 daya kuda, dengan torsi sebesar 280 Nm. Mesin sama-sama berkapasitas 2.000 cc, namun peningkatan tenaga sebesar kurang lebh 40 dk, membuat versi JCW jadi sangat spesial.

Uniknya Penggerak All4
Paling spesial adalah karena keempat rodanya bergerak dengan sistem analisis komputerisasi yang sangat pintar. Meski keempat rodanya sama-sama jadi penggerak untuk versi JCW, namun distribusi penggerak antara depan dan belakang bisa berbeda sesuai kebutuhan.

"Paling gampang terdeteksi saat melalui jalanan yang licin. Pada dasarnya MINI kan mobil penggerak roda depan, tapi torsi bisa 100 persen di bagian depan atau pun sebaliknya. Tergantung kebutuhan si roda, kalau depan kehilangan traksi, maka secara penggerak akan secepatnya ditransfer ke roda belakang tanpa jeda lama."

Bobot Lebih Ringan
Berbicara tentang mobil berperforma tinggi, bobot tentu akan jadi kunciannya. Beberapa hal yang membedakan versi JCW dengan versi Cooper S adalah bobotnya lebih ringan. Itu terjadi berkat penggunaan material yang ringan untuk beberapa bagian, kemudian ada juga pengurangan komponen terkait sensor dan sistem elektrikal.

Arifin menyebutkan bahwa salah satu contoh yang mudah ditemui adalah sistem pengaturan jok depan yang tak menggunakan sistem motorize, melainkan manual. Kemudian bagian foglamp juga dihilangkan dan digunakan sebagai jalur ventilasi pendingin untuk mesin.

"Beberapa bagian yang membuat bobot mobil ini bobotnya bertambah, akan dikurangi untuk mencapai performa terbaik."

Putaran Kemudi Lebih Berat
Mobil dengan performa tinggi, lazimnya memang punya sistem kemudi yang lebih berat. Itu juga terjadi di model JCW. Tujuannya tak lain agar saat berakselerasi dalam kecepatan tinggi mobil tidak terlalu liar dan cenderung stabil. Pengemudi pun bakal merasa lebih nyaman dan aman.

Feeling yang lebih berat ini, tentunya tidak kaku. Tergantung dari setup driving mode yang terpasang. Jika berada di mode sport, maka secara otomatis kemudi akna terasa lebih berat, respon performa mesin lebih tinggi dan setup suspensi menjadi lebih rigid. Ketika berada di mode driving Mid, maka komputer bakal memerintahkan setup kemudi lebih ringan, dan performa mesin mesin dikurangi.

Suspensi Lebih Kaku
Ketika Metrotvnews.com merasakan sendiri perbandingan versi MINI JCW dengan MINI Cooper S atau Countryman 1.5 liter, paling terasa adalah sistem suspensi yang tertanam. Meski mode driving di JCW sudah diatur ke mode Green dengan tingkat kenyamanan dan efisiensi lebih tinggi, versi mode sport di varian Cooper S dan Countryman masih jauh lebih soft.

"Ini terjadi karena memang basis setup suspensi di JCW sudah di atur untuk keperluan high performance. Sehingga untuk versi mode paling nyaman di JCW pun, tetap masih terasa lebih rigid dibandingkan dengan Cooper S atau Countryman di versi sport."


(UDA)