Livestreaming

Hari Terakhir GIIAS 2016, APM Banjir Pesanan

Ekawan Raharja    •    Minggu, 21 Aug 2016 17:30 WIB
giias 2016
Hari Terakhir GIIAS 2016, APM Banjir Pesanan
APM berhasil meraup SPK yang cukup banyak di GIIAS 2016. MTVN/M Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, BSD City: Meski tak menargetkan penjualan saat melakukan pameran, namun transaksi tetap berlangsung lebih agresif di pameran otomotif. Ini sudah lumrah, karena biasanya mereka yang tertarik melihat produk display langsung melakukan pembayaran tanda jadi atau uang muka.

Hal inilah yang terlihat di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Para peserta utama yang berisikan agen pemegang merek (APM) cukup senang karena dapat meraup SPK yang cukup banyak di gelaran tersebut.

"Hingga hari ke-9 pameran di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, Kita sudah mengumpulkan 779 SPK. Angka ini sudah melewati capaian 11 hari pameran tahun lalu yang hanya 394 unit," ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, Sabtu (20/8/2016) di Aeon Mall, BSD City, Tangerang Selatan.

Dirinci lebih lanjut, Sigra mendominasi dengan menyumbang 405 SPK, kemudian disusul Xenia dan Ayla. "Biasanya untuk model baru, pasti akan banyak dipesan."

Setali dengan Daihatsu, Mitsubishi juga berhasil mengumpulkan pundi-pundi SPK. Brand berlogo tiga berlian tersebut berhasil mengumpulkan 1.460 SPK dari 10 hari pameran di GIIAS 2016. Pajero Sport masih menjadi volume makers dengan 1.055 SPK, kemudian disusul oleh Mirage, Outlander Sport, Delica, dan Triton.

"Kami perkirakan sampai dengan akhir pameran nanti akumulasi jumlah SPK bisa melebihi 1600 SPK, dan hasil ini bisa melebihi pencapaian dari tahun lalu yaitu 1571 SPK," ujar Head of Sales & Marketing Group PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Imam Choeru Cahya, melalui pesan singkatnya.

Tapi meski berhasil panen SPK, Amelia tetap mengingatkan bahwa penjualan bukanlah target utama ikut pameran. Dia menjelaskan keikutsertaan pameran kali ini adalah meningkatkan brand perusahaan yang dipimpinnya.

"Kalau dibilang jualan juga tidak. Kita lihat Sigra disini memang berhasil meraih 405 SPK, tapi total nasional sudah 5.091 SPK. hasil ini tidak sampai 10 persen dari total nasional, jadi tidak bisa dibilang kami jualan. Makanya ketika ditanya Daihatsu ada program khusus apa di GIIAS, maka saya jawab tidak ada. Kalau pun ada itu dari pihak leasing, bukan dari ADM," terang Amelia.

Ucapan dari Bos Daihatsu Indonesia tersebut memang sejalan dengan misi utama GIIAS 2016. Tujuan utama GIIAS 2016 adalah sebagai wadah untuk mengkomunikasikan perkembangan teknologi dan kemajuan industri otomotif Indonesia.


(UDA)