Transportasi Umum

Pengemudi Bus Belum Terapkan Keselamatan Berkendara

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 09 Sep 2016 17:46 WIB
transportasi
Pengemudi Bus Belum Terapkan Keselamatan Berkendara
Supir bus kerap ber-sms dan tanpa seatbelt saat mengemudi. Istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: Membenahi transportasi bus, Dirjen Perhubungan Darat, Pudji Hartanto Iskandar sempat menyamar menjadi penumpang bus tujuan Jakarta-Bandung. Dirinya mengatakan masih ada banyak kekurangan membuat transportasi satu ini lebih nyaman.

"Saya naik bus dan tidak ada yang tahu, pertama duduk pun mulai tak nyaman karena pedagang keluar-masuk. Saya naik bus ini dengan rekan saya, tapi kita pisah posisi duduk," paparnya di Kasablanka, Jakarta beberapa waktu lalu.

Pudji pun sempat bingung lantaran tak ada loket untuk tiket, ternyata pembayaran ongkos bus dilakukan saat sudah berjalan. "Baru mulai jalan, masuk tol sudah pelanggaran, ambil bahu jalan tapi tak lama balik ke jalur yang benar, lalu pengemudi tidak pakai sabuk pengaman, ya sudah saya diamkan," ceritanya.

Sampai di terminal tujuan, baru pria gempal ini menegur pengemudi tadi dan mengatakan cara mengemudinya sudah halus, tapi menyayangkan tak pakai sabuk keselamatan. "Tidak terbiasa pak," kata Pudji menirukan perkataan pengemudi bus.

Ini jadi salah satu indikator keamanan dan kenyamanan bus belum memadai. "Saya yakin banyak pengusaha otobus yang tidak turun langsung ke lapangan. Coba turun lihat langsung apa-apa saja yang perlu dibenahi," pungkasnya.

Kalau sudah begini, sepatutnya penumpang juga mulai ambil peduli. Paling tidak di dalam bus mencantumkan nomor kontak
(UDA)