Tips Mobil

Mobil Jarang Pakai Bikin Aki Mobil Cepat Soak

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 26 Nov 2016 13:00 WIB
tips mobil
Mobil Jarang Pakai Bikin Aki Mobil Cepat Soak
Sering panaskan mesin untuk mobil yang jarang dipakai biar aki tidak cepat soak. Autoservice

Metrotvnews.com, Jakarta: Mobil yang jarang digunakan tidak menjamin komponen di tunggangan kesayangan Anda menjadi lebih awet. Aki mennadi komponen yang harus diperhatikan jika mobil Anda jarang digunakan. Maklum, aki sangat penting untuk mobil yakni berfungsi sebagai sumber tenaga untuk menyuplai kebutuhan listrik.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat aki agar awet. Terutama jika mobil Anda jarang digunakan atau lama terparkir.

Menurut Manager Bosch, Dedy Ismanto, mobil yang tidak digunakan lebih dari seminggu dan mesin tidak dinyalakan bisa mengakibatkan aki cepat soak/rusak dan umurnya jadi lebih pendek karena kehilangan 'muatan'.

Untuk mengantispasi hal tersebut, disarankan untuk menyalakan mesin minimal tiga hari sekali atau paling lama seminggu (batas maksimal). Ketika dinyalakan jaga putaran mesin di RPM 2.000 selama kurang lebih setengah jam. Tujuannya agar muatan listrik di aki dapat terisi kembali.

Mobil yang jarang digunakan sebaiknya diajak jalan seminggu sekali. Selain itu pastikan juga terminal aki tidak kendur dan terpasang dengan baik dan benar agar pengisian menjadi lebih optimal.


(HIL)