Industri Otomotif

Merek Otomotif Jepang Masih Dominasi Pasar Indonesia

Ekawan Raharja    •    Jumat, 25 Jan 2019 11:24 WIB
mobil baruindustri otomotif
Merek Otomotif Jepang Masih Dominasi Pasar Indonesia
Toyota menjadi merek mobil terlaris di Indonesia pada 2018. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Dominasi pabrikan asal Jepang di Indonesia akan terus berlanjut. Meski demikian bukan berarti merek-merek otomotif non-Jepang menyerah begitu saja.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D Sugiarto, menjelaskan dominasi merek-merek Jepang di Indonesia masih di kisaran 97 persen. Hanya saja, saat ini perlahan berkurang dengan agresifitas beberapa pabrikan asal Tiongkok seperti Wuling Motors dan DFSK.

"Merek mobil Jepang di 2017 masih di kisaran 97 persen dan masih berkisaran sama sekarang ini. Tapi sudah mulai terkikis oleh merek Tiongkok, kini wuling sudah 1 persen," ungkap Jongkie Kamis (24/1/2019) di Nine Thamrin Jakarta.



Bila melihat data Wholesale yang dirilis Gaikindo, 9 dari 10 merek terlaris di Indonesia masih dikuasai oleh merek-merek Jepang. Hanya ada Wuling Motors yang berada di nomor sembilan dengan pangsa pasar 1,5 persen.

Meski ada merek Tiongkok yang mulai merangsak, tetapi diakui bahwa merek-merek Jepang masih akan berjaya. Tetapi kondisi ini juga diakui positif dengan pertanda banyakanya pilihan untuk masyarakat, serta kue otomotif juga semakin meningkat.

"Beberapa waktu lalu masih masih di angka 1 juta unit, sekarang 1,1 juta unit. Pasar semakin besar dan semuanya porsinya semakin besar, syukur-syukur bisa tembus 1,2 juta unit di 2019."


(UDA)