Industri Otomotif

Trump Sebut Pabrikan Mobil Jerman Buruk?

Ekawan Raharja    •    Selasa, 30 May 2017 16:56 WIB
industri otomotif
Trump Sebut Pabrikan Mobil Jerman Buruk?
Donald Trump sebut industri otomotif Jerman buruk untuk Amerika Serikat. BMW

Metrotvnews.com: Perhatian Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, terhadap dunia otomotif tampaknya belum berakhir. Bahkan baru-baru ini Trump mengeluarkan pernyataan yang tidak enak kepada industri otomotif Jerman.

Presiden penerus Barrack Obama tersebut mengklaim bahwa industri otomotif Jerman itu buruk. Pernyataan ini disampaikannya saat pertemuan tertutup antara pemerintah Amerika Serikat dengan perwakilan Uni Eropa.

"Orang-orang Jerman itu buruk, sangat buruk. Lihat jutaan mobil yang mereka jual di Amerika Serikat, mengerikan. Kami akan menghentikan ini," ucap salah satu peserta pertemuan yang menirukan ucapan Trump, seperti diberikan oleh CNBC dengan mengutip Der Spiegel.

Ucapan Trump ini tercetus karena neraca perdagangan Jerman surplus terhadap Amerika Serikat. Impor mobil dianggap sebagai salah satu penyebab kondisi tersebut terjadi.

Ucapan Trump tentu membuat European Commission President, Jean-Claude Juncker, dan European Council President, Donald Tusk, angkat bicara karena mereka hadir di pertemuan tersebut. Mereka menilai ucapan Trump ini bukanlah nada penyerangan.

"Dia tidak menyebutkan bahwa Jerman itu buruk. Dia tidak agresif sama sekali dan kami tentu melakukan pembelaan untuk Jerman," ucap Juncker.

Juncker juga menjelaskan bahwa Amerika Serikat tidak bisa membandingkan kondisi perdagangan mereka kepada anggota Uni Eropa. Para anggota Uni Eropa harus membandingkan performa mereka dengan performa secara menyeluruh anggota Uni Eropa.

CNBC juga menyebutkan bahwa Trump sudah lama menunjukan rasa frustasinya kepada Jerman terkait neraca perdagangan. Terlebih impor dari Jerman memberikan dampak terhadap industri perakitan Amerika Serikat.

Bahkan Trump juga pernah memberikan ancaman mengenakan pajak yang besar jika Jerman tetap melakukan skema impor mobil ke Amerika Serikat.

"Jika anda ingin membangun mobil untuk dunia, saya harap anda mendapatkan yang terbaik. Anda dapat membuat mobil untuk Amerika Serikat, tapi setiap mobil yang masuk ke Amerika Serikat anda harus membayar pajak 35 persen," ucap Trump saat diwawancarai media Jerman Bild.


(UDA)