Mobil Konsep

Inikah Sosok All New Avanza dan Xenia?

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 14 Aug 2017 07:26 WIB
daihatsu
Inikah Sosok All New Avanza dan Xenia?
DN Multisix akan jadi penerus Xenia dan Avanza? MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, BSD City: PT Astra Daihatsu Motor dipercaya memprpduksi mobil kembar untuk Toyota, salah satu yang paling sukses adalah duet maut Avanza-Xenia. Mobil ini menguasai pasar gemuk Indonesia, yakni Low MPV.

Namun sejak kemunculannya, dua mobil ini tak banyak berubah, kecuali dari sisi tampilan, kelengkapan kabin dan fiturnya. Memang di model terakhir cukup banyak perubahannya, namun tetap ada rasa Avanza-Xenia generasi awal, tak ada model dengan embel-embel nama all new.

Dalam ajang GIIAS 2017 di BSD City, Tangerang Selatan, Daihatsu menampilkan sebuah mobil konsep yakni DN-Multisix. Mobil ini berjenis MPV, yang disebut sesuai dengan pasar Indonesia.

Desain mobil MPV ini tak jauh beda dari Avanza-Xenia. Panjangnya 4.310 mm, dengan lebar 1.720 mm dan lebar 1.695 mm. Ground clearance-nya 250 mm, mungkin karena masih konsep dan usung pelek ring 18 inci, makanya jadi tinggi.

Soal eksterior, tinggal ganti lampu utama model projector, ukuran dan desain pelek, kaca spion maka sudah bisa jadi produk massal. Untuk kabinnya tinggal penyesuaian bentuk dashboard dan jumlah kursi untuk mengangkut tujuh penumpang.

Bicara spesifikasi mesin, mobil ini mengusung mesin berkapasitas 1.500cc empat silinder, dengan transmisi otomatis CVT. Rasanya memang Daihatsu harus merombak Avanza-Xenia mengingat kompetitornya banyak berbenah dan bertambah.


(UDA)