Teknologi Otomotif

Mobil Modern Berbodi Ringkih? Syarat Keselamatan Penumpang

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 21 May 2018 09:04 WIB
uji tabrak
Mobil Modern Berbodi Ringkih? Syarat Keselamatan Penumpang
Mobil keluaran baru lebih aman saat terlibat kecelakaan. Autoblog

Washington: Banyak orang mengatakan mobil keluaran baru saat ini mudah penyok. Apalagi jika dibandingkan dengan mobil keluaran lawas yang rata-rata bodinya mash menggunakan pelat besi hingga bagian bumper.

Memang demikian adanya, tapi hal itu tak seluruhnya benar. Terutama jika mobil terlibat kecelakaan frontal, maka mobil keluaran baru lebih aman ketimbang mobil lawas yang bodinya full pelat.

NHTSA (lembaga keselamatan transportasi Amerika) menegaskan hal tersebut. "Analis menunjukkan hal itu, efek kecelakaan terhadap penumpang mobil lawas lebih fatal ketimbang mobil keluaran terbaru," kata NHTSA seperti dituliskan Carscoops.

"Kami menyarankan masyarakat untuk membeli mobil sesuai selera, dana dan kebutuhan. Dengan tambahan asuransi maka Anda telah berinvestasi pada keselamatan," kata Heidi King, NHTSA Deputy Administrator.

Mereka juga mengkategorikan mobil lawas adalah rakitan sebelum tahun 2012. Sedangkan mobil baru adalah mobil yang dirakit setelah tahun tersebut. Semakin modern mobil, memang fitur keselamatan selalu meningkat.

Data pendukung lainnya adalah mereka yang menggunakan mobil lawas dan terlibat kecelakaan, potensi meninggal mencapai 55 persen. Sedangkan mobil keluaran baru potensi meninggal hanya 26 persen saja.


(UDA)