Ban Kedaluwarsa

Kenali Kedaluwarsa Ban dari Kode Tahun Produksi

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 02 Oct 2018 08:10 WIB
tips knowledge
Kenali Kedaluwarsa Ban dari Kode Tahun Produksi
Perhatikan kode tahun produksi sebelum membeli ban mobil. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Tak hanya makanan, ternyata ban juga punya masa berlaku. Sama seperti makanan, bila masa berlakunya sudah jauh terlampaui maka ban pun tidak lagi layak untuk digunakan. Bahkan membahayakan.

Maka selain kondisi kembangan tapaknya, perhatikan juga umurnya ketika membeli ban baru ataupun bekas. Bedanya dari kemasan dalam makanan, tanggal kedaluwarsa ban tulis dalam bentu tahun pembuatanya saja. Kode tahun produksi berupa dua digit angka yang dicetak di dinding ban.

Biasanya, keinginan membeli ban bekas karena harganya lebih murah atau untuk cadangan. Masalahnya ban berumur berapa tahun yang masih layak pakai?

"Kalau beli ban bekas jangan yang berumur di atas 4 tahun. Cari yang kurang dari 4 tahun, kompon karetnya masih enak," papar Kepala Bengkel Autopit di daerah Kalimalang, Jakarta Timur, Mus Mulyadi di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ban yang sudah berumur di atas 4 tahun kualitas karetnya sudah sangat buruk, biasanya secara visual kondisinya terlihat retak-retak. Tidak terkecuali untuk kondisi new old stock sekalipun. Selain mengeras dan tidak empuk, juga sudah getas. Retakan tipis yang ada bisa menjadi sumber pecah ban ketika mobil melaju.

Di Indonesia ban bekas punya pasar tersendiri. Harga jualnya rata-rata separuh dari ban baru tipe yang sama. Tetapi tentu saja harga tersebut juga melihat kualitas barang yang ditawarkan.


(UDA)