Test Drive

Lenggak-lenggok Mazda 3 di Lengangnya Jakarta

Ekawan Raharja    •    Rabu, 20 Jun 2018 16:38 WIB
mazdamobil barutest drive
Lenggak-lenggok Mazda 3 di Lengangnya Jakarta
Mengendari Mazda 3 menyusuri jalanan Jakarta yang lengan. Medcom.id

Jakarta: Seunit Mazda 3 melesat di jalan-jalan Jakarta yang sepi ditinggal penghuninya. Mobil ini menyusuri sekaligus merayakan lengangnya jalanan Jakarta yang bebas macet dan tenang.

Sembari mendengarkan lagu-lagu dari Pure Saturday, tim redaksi Medcom.id mencoba menikmati mengemudikan Mazda 3. Sebuah medium hatchback yang didatangkan langsung dari Jepang.

Eksterior

Baluran Soul Red Crystal Metallic yang menjadi warna khas Mazda berhasil mencuri perhatian jalan-jalan. Warnanya yang kontras dengan suasana jalanan membuat mobil ini tampak hidup, apalagi ketika tertimpa lampu jalanan di malam hari.

Kodo Design yang menjadi identitas design Mazda menjadikan Mazda 3 ini mudah untuk dikenali. Mengingat tidak banyak juga populasinya di Indonesia.

Di sisi lain, mulai dari lekukan body, penggunaan lampu LED dan DRL di depan, grill berukuran besar, hingga pelek berukuran 18 inci membuat tampilannya semakin seksi. Belum lagi tampilan buritan dengan bumper yang bulet, lampu LED, dan dual-exhausts juga membuat manuvernya tampak menyenangkan di jalanan.

Interior

Hal pertama yang dirasakan ketika masuk ke kabin adalah jok kulit yang ditawarkan. Tester driver setinggi 165 cm dan berat 63 kg dapat duduk dengan nyaman dan dipeluk dengan baik.

Pengemudi bisa memilih beberapa posisi mengemudi dengan pengaturan elektrik yang ditawarkan. Mulai dari posisi mengemudi yang rendah seperti sedan sport, atau posisi duduk yang agak tinggi seperti posisi duduk mobil multi purpose vehicle (MPV).

Nuansa elegan yang ditawarkan juga kuat dengan balutan kulit nuansa hitam di jok, consol tengah, dan lingkar kemudi. Sisanya dengan menggunakan bahan fabric berwarna hitam berpadu aksen krom.

Tangan pun dengan mudah menggapai tombol navigasi di center consol untuk mengatur sistem hiburan, tombol AC, hingga pengaturan power window di trim pintu. Belum lagi beberapa tambahan tombol pengaturan volume, trek, sampai penerimaan telepon.

Mengemudi juga semakin nyaman dengan bantuan fitur wiper otomatis, lampu otomatis, hingga rem parkir yang sudah menggunakan model tombol. Semakin memanjakan ketika menjelajah jalanan ibukota nan lengang.

Cuma perlu perhatian lebih memandang kaca spion tengah yang terasa kurang maksimal. Mengingat kaca di pintu belakang memberikan pandangan minimalis. Kami merasa terbantu dengan kehadiran fitur sensor dan kamera parkir yang membantu untuk mundur.

Performa

Di balik kap depan, Skyactiv-G 2.000 cc bertenaga 165  daya kuda di 6.000 rpm dan torsi 210 nm di 4.000 rpm siap meraung. Dikombinasikan dengan Skyactiv-Drive 6-percepatan otomatis dengan manual shift menjadi kombinasi yang menyenangkan.

Tendangan tenaga sudah terasa mulai dari putaran 1.500 rpm berkat torsinya yang besar. Melesat kencang hingga 180 kilometer per jam (kpj) tanpa ada getaran sama sekali dan badan tetap terjaga dengan baik.

Bahkan menikung di kecepatan 160 kpj juga tidak terasa limbung sama sekali. Roda-roda sangat lengket di aspal, steering bergerak dengan sangat presisi, hingga body tetap terjaga dengan baik. Teknologi Skyactiv-Body dipadukan dengan G-Vectoring Control menjaga kestabilan ketika melesat.

Mengangkat kaki dari pedal gas, dan mempersilahkan fitur adaptive cruise control mengambil alih. Mempersilahkan teknologi otonom level satu mengendali Mazda 3 melesat di kota. Jalanan Jakarta terasa sempurna dan menyenangkan di balik kemudi Mazda 3.

Catatan multi indicator display (MID) di depan kami mencatatkan rata-rata konsumsi bahan bakar mencapai 1 liter untuk 12,5 kilometer. Angka tersebut didapat sekitar sebelas hari berkenala di jalanan Jakarta yang terhitung lancar selama libur lebaran.

Kesimpulan

Mazda 3 seharga Rp416,8 juta sepadan dengan sensasi yang ditawarkan. Mulai dari gaya nan elegan dan berbeda, kenyamanan berpadu fitur terkini, hingga performa mesin trenginas menjadi nilai jual rival Honda Civic Hatchback atau Volkswagen Golf.

Libur lebaran pun berakhir, dan jalanan mulai padat. Bersabar dan siapkan kembali waktu tempuh yang tepat untuk melawan jalanan nan padat.


(UDA)