Mobil Baru

Lebih Dekat Dengan Mazda CX-3, Sang Penantang Outlander Sport

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 16 Mar 2017 12:12 WIB
mazda
Lebih Dekat Dengan Mazda CX-3, Sang Penantang Outlander Sport
CX-3 disebut berbanderol Rp399 hingga Rp460 jutaan. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam kendali PT Eurokars Motor Indonesia, Mazda CX-3 akhirnya resmi diluncurkan, setelah sejak Agustus 2016 lalu mobil ini pamer muka kehadapan publik. Compact SUV ini akan menjadi kompetitor Mitsubishi Outlander Sport.

CX-3 memiliki dimensi panjang 4.275 mm, lebar 1.765 mm, tinggi 1.535 mm, serta wheelbase 2.570 mm. Eksterior mobil Mazda yang mengusung desain Kodo membuatnya jadi mirip-mirip, begitu pula dengan CX-3 yang sepintas mirip CX-5 namun dengan dimensi lebih ringkas.

Desain khas ini bisa dilihat pada bentuk grill, bentuk lampu dengan LED daytime running light. Tak ketinggalan sunroof yang mampu memberkan kesan lega, canggih dan gaya seperti halnya kompetitor terdekat.

Jika pernah memasuki Mazda 2, maka kesan yang sama akan didapatkan saat memasuki kabin CX-3 ini. Mulai dari bentuk instrumen cluster, pola setir hingga desain dashboard. Wajar karena CX-3 dikembangkan berdasarkan Mazda 2.

Urusan fitur, terlebih tipe GT yang kami tampilkan sangat lengkap. Mazda Connect, Head up Display, Audio Control Bluetooth dan Cruise Control di setir, Headunit berlayar 7 inci dengan sistem navigasi, Smart Keyless, dan Electric Seat.

Sedangkan untuk fitur keselamatan, juga terbilang lengkap dikelasnya, bahkan untuk ukuran sebuah mobil Jepang. Fitur keselamatan seperti Front and Curtain Airbag, Dynamic Stability Control dan Traction Control, G-Vectoring Control, Parking Sensor, serta ABS dan EBD terpasang.

Sumber penggerak berasal dari mesin Skyactiv-G 2.000cc yang mampu hasilkan tenaga 158 daya kuda dan torsi 200 Nm. Lebih bertenaga dibandingkan milik Outlander Sport yang sama-sama 2.000cc, yang bertenaga 148 daya kuda, dan torsi puncak 197 Nm.

Dengan perkiraan harga Rp399 juta hingga Rp460 juta, CX-3 terpaut jauh lebih mahal dibanding kompetitornya, yang tipe tertinggi 'hanya' berbanderol Rp370 juta. Lebih mahal karena Mazda menawarkan build quality dengan material dan fitur terbaik dikelasnya, serta image brand premium asal Jepang.



(GUS)