Teknologi Otomotif

Pengertian Rasio Kompresi Fixed dan Variable

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 14 Oct 2016 13:13 WIB
infiniti
Pengertian Rasio Kompresi Fixed dan Variable
Rasio kompresi fixed tak bisa diubah, variable akan menyesuaikan input pengemudi dan kondisi jalan. Bestcarinformation

Metrotvnews.com: Infiniti baru saja merilis mesin VC-Turbo berkapasitas 2.000cc yang rencananya akan mulai dipasang pada mobil-mobil racikannya 2018 mendatang. Mesin ini menawarkan rasio kompresi yang bisa berubah-ubah makanya disebut dengan Variable Compression Turbo.

Pengertian rasio kompresi sendiri adalah perbandingan dari volume ruang bakar saat piston berada dititik terendah (titik mati bawah) dan titik tertinggi (titik mati atas). Rasio kompresi yang tinggi, berarti ruang bakar sempit, rasio kompresi rendah artinya ruang bakar lebih luas.

Misal mesin VC-Turbo 2.000cc Infiniti dengan empat silinder, artinya tiap silinder menampung 500cc campuran udara dan gas bahan bakar saat piston berada dititik terendah. Ketika dimampatkan (dikompresi) ruang bakar menjadi 35,7cc, berarti rasio kompresi mesin itu menjadi 14:1. 

Angka 14:1 ini adalah rasio kompresi tertinggi saat piston berada dititik teratas, seperti yang dituliskan Infiniti. Rasio kompresi tinggi menawarkan efisiensi bahan bakar lebih baik. Rasio kompresi rendah menawarkan tenaga dan torsi lebih baik.

Nah, saat ini kebanyakan mesin menerapkan rasio kompresi fixed, karena rancangan dimensi, komponen dan layout mesin. Jenis fixed berarti rasio kompresi sudah diset pada titik tertentu. Jika mau diubah, harus melakukan modifikasi mesin. Berbeda dengan variable ratio yang diterapkan mesin VC-Turbo, yang rasio kompresi bisa berubah secara otomatis dari 8:1 hingga 14:1.

Mesin ini menggunakan link khusus untuk mengubah rasio kompresi, dengan secara aktif menaikkan atau menurunkan stroke piston. Teknisi Infiniti pun mencegah terjadinya knocking (bensin terbakar sebelum waktunya) dengan injeksi langsung bahan bakar yang secara konstan menyesuaikan rasio kompresi secara aktual.


(HIL)