Mobil Baru

Toyota: Xpander dan Confero, Bukan Rival Avanza

Ekawan Raharja    •    Rabu, 10 Jan 2018 14:45 WIB
toyota
Toyota: Xpander dan Confero, Bukan Rival Avanza
Toyota tak menganggap Avanza bertarung langsung dengan Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero. Dok MTVN

Malang: Industri otomotif di 2017 bisa dibilang cukup sengit. Banyak mobil baru dan pemain baru di Indonesia. Melihat hal tersebut, Toyota pun tenang saja menghadapi persaingan yang semakin ketat dan menganggap bahwa Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero bukan rival Avanza.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, menilai persaingan itu hal yang biasa. Bahkan dia menilai kalau persaingan ini bisa menambah market pasar otomotif.

Bahkan dia menyebutkan kalau Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero bukanlah kompetitor mereka. Meski sama-sama berada di segmen low multi vehicle purpose (LMPV) bersaing dengan Toyota Avanza.

"Kenapa saya sebutkan Xpander dan Confero bukan kompetitor? Karena mereka memiliki karakteristik dan ciri khasnya masing-masing," klaimnya pada Selasa (9/1/2017) di Niki Kopitiam Batu Jawa Timur.

"Jadi kita ambil contoh sebidang ruang itu nilainya 100 persen. Toyota menguasai 35 persen pasar? Sisanya ada segmen-segmen yang tidak terakomodir oleh Toyota, dan itu diisi oleh merek lain," ujarnya lagi.

Pria yang akrab disapa Soerjo ini memprediksi pasar otomotif di tahun ini bisa kembali sama dengan tahun lalu. Hanya saja diperlukan kerja sama merek-merek otomotif yang ada di pasar otomotif nasional.

"Kita berharap market tahun 2018 itu bisa sama dengan tahun lalu. Tapi Toyota hanya punya 35 persen, sisanya dibantu dengan merek lain. Kalau produsen-produsen sama-sama punya produk baru, rasanya market bisa sama dengan market tahun itu (2017) sekitar 1.050.000 hingga 1.070.000 angkanya," tegas Soerjo.


(UDA)