Transportasi Nasional

Beban Over, Efek Negatifnya Banyak!

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 04 Oct 2017 13:21 WIB
komponen otomotif
Beban Over, Efek Negatifnya Banyak!
Muatan berlebih mobil pikap, juga bisa memperpendek usia pakai komponen mobil tersebut. InfoDariAnda

Metrotvnews.com, Jakarta: Masyarakat Indonesia saat ini masih senang bepergian bersama keluarga, atau membawa barang banyak dengan mobil pribadi. Hal ini bisa dibuktikan dengan masih dominannya penjualan mobil MPV.

Tak hanya mobil MPV, mobil pikap pun demikian. Meski mobil ini tergolong jenis yang cukup tangguh karena memang tugasnya cukup berat, tapi jika bebannya sering over, maka banyak komponen yang usia pakainya bakal berkurang.

Biasanya untuk alasan efisiensi, mobil-mobil yang memang diperuintukkan mengangkut beban yang berat-berat ini Kerap ditemui dengan bawaan yang menjulang tinggi.

"Pertama sudah pasti ban, komponen ini akan lebih cepat aus karena bebannya yang melebihi kewajaran. Usia pakainya bisa lebih cepat," buka Muhamad Mashudi, Kepala Bengkel Tunas Daihatsu Tangerang.

Kemudian konsumsi bahan bakar yang meningkat, hal ini karena mesin butuh putaran tinggi untuk bisa bergerak membawa beban. "Lalu kampas kopling, ini paling sering terdampak overload," jelasnya.

Semenatra itu komponen pemindah daya seperti gardan untuk mobil penggerak roda belakang maupun part mesin relatif jarang terkena efeknya. "Tapi jika tak dibarengi perawatan, bisa jadi komponen ini juga akan terdampak," tutupnya.


(UDA)