Mobil Listrik

Daihatsu Masih Tutup Mata Soal Mobil Listrik

Ekawan Raharja    •    Kamis, 07 Dec 2017 15:33 WIB
mobil listrikdaihatsu
Daihatsu Masih Tutup Mata Soal Mobil Listrik
Daihatsu belum tertarik meriset mobil listrik untuk pasar otomotif nasional. Dok MTVN

Ungaran: Sekarang ini sudah ada beberapa pabrikan otomotif yang sudah mempersiapkan mobil listrik. Hanya saja Daihatsu masih tutup mata dengan mobil ramah lingkungan tersebut.

Division Head Corporate Planning PT Astra Daihatsu Motor, Rudy Ardiman, menjelaskan kendaraan dengan teknologi seperti hybrid dan listrik bukan fokus Daihatsu. Menurutnya pabrikan asal Jepang itu masih ingin fokus ke segmen mobil compact dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

"Buat kami, klasifikasi compact itu adalah (mesin konvensional) 1.500 cc ke bawah. Compact itu, di istilah manufakturing, juga berarti efektif dan efisien. Jadi, performa yang dihasilkan sesuai dengan biaya yang dikeluarkan," ucap Rudy Rabu (6/12/2017) di Ungaran Jawa Tengah.

Meski demikian, Daihatsu bukan berarti tak berminat dengan mobil listrik. Mereka juga terus melakukan studi mengenai segmen yang sedang hangat diperbincangkan tersebut.

"Saat ini kami masih studi bersama dengan prinsipal. Akhirnya prinsipal sendiri melihat bahwa memang harus dukung program ini dan kami pun sudah mulai melakukan pendalaman di produk-produk seperti ini," ujarnya.

Namun belum diketahui kapan Daihatsu Indonesia akan mulai bermain di segmen tersebut. Hal ini juga tidak terlepas dari berbagai faktor seperti regulasi, infrastruktur, teknologi, serta permintaan pasar otomotif Indonesia.

Beberapa merek Indonesia mulai memasarkan dan memperkenalkan mobil listrik. Sebut saja BMW dengan i8 berteknologi plug-in hybrid atau Nissan yang memamerkan Nissan Note e-Power.


(UDA)