Mobil Klasik

Mobil Klasik Tucker 48, Ditaksir Rp20 Miliar

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 05 Dec 2017 08:58 WIB
mobil klasik
Mobil Klasik Tucker 48, Ditaksir Rp20 Miliar
Mobil Klasik Tucker 48 1948. Autoguide

Arizona: Rumah lelang RM Sotheby's Arizona mengumunkan bahwa model Tucker 48 keluaran 1948 masuk ke dalam daftar mobil yang akan dijual pada 18-19 Januari 2018, di Arizona, Amerika Serikat (AS). Menurut RM Sotheby, yang menjadi daya tarik dari mobil klasik ini karena nilai sejarahnya yang unik.

Dilansir dari Autoguide, berdasarkan catatan sejarahnya, mobil klasik berkode Tucker Number 1029 ini adalah milik pribadi Preston Tucker, sang perancang mobil dan dimilikinya hingga 1955.

Awal kehadirannya, Tucker 48 digunakan dalam sebuah film promosi untuk memperkenalkannya ke seluruh dunia. Mobil bergenre klasik itu juga terkenal karena telah menjalani tes kecepatan tinggi di Indianapolis Motor Speedway.

Selama tujuh tahun kepemilikannya, Tucker dan keluarganya aktif dalam kegiatan Classic Car Club of America. Kemudian pada 1955, Tucker menjualnya kepada Winthrop Rockefeller. Tak lama berselang, pada 1959 Rockefeller mengalihkan kepemilikannya kepada Albert J. Gayson yang tinggal di Los Angeles, AS.

Di tangan Gayson mobil itu juga tak bertahan lama dan dijual ke Max Novak asal Oklahoma, untuk diserahkan ke British Motor Car Distribution pada 1967. Kemudian dealer tersebut menjualnya kembali kepada Jack Bart, yang memilikinya selama dua dekade.

Selama kepemilikan Bart, Tucker 48 itu telah menjalani restorasi guna mempertahankan keasliannya, yang pengerjaannya digarap oleh Nunes Auto Body Shop di Bridgeport, Connecticut, AS. Dalam perjalanannya mobil ini juga digunakan dalam produksi film Tucker berjudul The Man and His Dream, yang dibintangi oleh Jeff Bridges.

Setahun kemudian, Bart menjual mobil itu ke Todd Werby dari San Francisco, yang menyimpannya sampai 2004. Dan terakhir dibeli untuk koleksi pribadi pemilik saat ini. Tucker 48 yang memiliki jarak tempuh di ordometer sebanyak 30.718 km, diharap bisa laku terjual antara USD1,25 juta - USD1,5 juta (sekitar Rp16,8 miliar - Rp20,2 miliar).


(UDA)