Formula 1

Liberty Media, Pemilik Baru Penyelenggara F1

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 12 Sep 2016 11:00 WIB
balap mobil
Liberty Media, Pemilik Baru Penyelenggara F1
F1 telah beralih kepemilikan. Autoguide

Metrotvnews.com: Perusahaan media massa Liberty, kini menjadi penyelenggara baru balapan Formula One (F1), setelah sepakat membeli saham F1 sebesar 18,7 persen, atau senilai USD4,4 miliar (sekitar Rp57,5 triliun).

Posisi pucuk pimpinan F1 akan dipegang oleh Chase Carey yang juga wakil presiden eksekutif di 21 Century Fox. Sementara CEO F1 Bernie Ecclestone masih dipercaya untuk tetap berada di posisinya sekarang, untuk mendampingi Carey sebagai ketua yang baru.

Perusahaan Amerika yang berbasis di Colorado ini rencananya akan mengambil 100 persen kepemilikan saham yang kini dipegang Delta Topco dari CVC Capital Partners, grup investasi asal Inggris yang membeli F1 pada 2005. Namun, pelunasan pembayaran baru akan dijadwalkan pada kuartal pertama 2017.

Setelah proses peralihan kepemilikan perusahaan bisnis balap ini selesai, Liberty Media bakal mengganti nama F1 menjadi Formula 1 Group.

Dalam keterangannya kepada media, Presiden dan Pemimpin Eksekutif Liberty Media, Greg Maffei mengaku senang dengan kesepakatan ini. Dirinya juga berjanji akan memberikan yang terbaik bagi para penggemar, tim, perusahaan dan semua yang terlibat dengan balapan ini.


(UDA)